Iklan

Rumah Sakit Bunut Siagakan Ruang Isolasi bagi Pasien Terjangkit Virus Corona

Azis Ramdhani
, January 30, 2020 WIB
Dirut RSUD R Syamsudin, SH - Bunut
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bunut Syamsudin SH, Dr. Bahrul Anwar (Foto : Azis R/sukabumiNews)  
sukabumiNews.net, CIKOLE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamsudin SH atau RS Bunut Kota Sukabumi saat ini sudah menyediakan ruangan isolasi khusus bagi pasien suspect (dicurigai) terpapar virus pneumonia Wuhan atau novel Coronavirus (nCoV) atau lebih dikenal dengan sebutan Virus Corona.

"Beberapa waktu yang lalu kita melaksanakan rapat internal untuk menindaklanjuti Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tentang beberapa Rumah Sakit yang mempunyai fasilitas yang tidak mampu untuk menanganinya," jelas Direktur RSUD Bunut Syamsudin SH dr. Bahrul Anwar diruang kerjanya kepada sukabumiNews, Kamis (30/1/2020).

Bahrul juga mengatakan, menurut informasi dari Proto Kemenkes RI, tentang bagaimana cara untuk menangani pasien yang terjakit virus Corona, RSUD Bunut Syamsudin SH membuat sarana prasarana penerimaan pelayanan yang maksimal.

"Kami juga sudah melakukan sosialisasi internal di rumah sakit Bunut dan untuk saran pasaran pun sudah merubah satu ruangan di Unit Gawat Darurat (UGD) bagian depan sebagai ruang isolasi darurat," jelasnya.

Kendati begitu tambah Bahrul, intinya kita tidak diperbolehkan untuk mengosolasi dan merawat bagi pasien yang terjangkit Virus Corona hanya menerima transit untuk segera mengirimkan ke Rumah Sakit yang di izinkan.

BACA Juga: RSUD Sekarwangi Siap Hadapi Acaman Penyebaran Virus Corona

Dr. Bahrul mengatakan, penyebab dari wabah virus pneumonia Wuhan atau novel Coronavirus (nCoV) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Virus Corona, sampai detik ini Kementerian Kesehatan RI pun belum bisa memastikannya.

Namun lanjut Bahrul, diduga penyebabnya ditularkan dari virus hewan seperti kelalawar dan ular dan juga di prediksi dari manusia ke manusia akan tetapi dari Kemenkes RI pun belum diketahui bagaimana penularannya secara pasti.

“Alhamdulilah sampai sekarang ini di RSUD Bunut Syamsudin SH belum ada pasien yang terjangkit Virus Corona,” terang Bahrul.

Dirut RSUD Bunut Syamsudin SH juga memberikan himbauan kepada Masyarakat Kota Sukabumi khususnya, bagaimana caranya supaya tidak tertukar virus yang mematikan tersebut.

“Salah satunya dengan troplet, apabila ada yang pilek batuk agar menggunakan masker, mengurangi traveling ke kota-kota besar yang berisiko ada darah kontak. Dan yang paling penting selalu menjaga kesehatan memakan makanan yang sehat.,” tutupnya.

BACA Juga: Virus Corona: Lebih dari 7.700 Kasus dengan Angka Kematian Meningkat Menjadi 170

Pewarta : Azis Ramdhani
Editor : Red*/AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+