Breaking

Friday, October 11, 2019

Redaktur

Tim Kemendes PDTT RI Tilai OWA Karangpara Masuk Nominasi Desa Wisata Nusantara 2019

*Tim Kemendes PDTT RI*
Kasubid Kemendes PDTT, Iwan Y Budi I saat melakukan peninjauan ke tempat Wisata Karangpara di Desa Kebon Manggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).  
sukabumiNews, GUNUNGGURUH – Tim Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meninjau lokasi Objek Wisata Alam (OWA) Karangpara di Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kasubdit Sarpas Pemukiman Desa Kemendes PDTT RI, Iwan Y Budi I mengatakan, kedatangan bersama timnya ini untuk menilai objek wisata alam Karangpara yang nantinya akan dilombakan pada ajang Nominasi Desa Wisata Nusantara. "Wisata Alam Karangpara ini masuk pada 28 desa se-Indonesia yang akan mengikuti perlombaan," kata Iwan kepada sukabumiNews Kamis (10/10/2019).

Menurut Iwan, salah satu prasayarat yang saat ini dilakukan penilaian misalnya saja bagaimana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) berkerja sama dengan masyarakat dalam mengembangkan wisata juga kearifan lokal yang ada di wilayah. "Tentunya yang dinilai sangat banyak, berikut dengan seni budayanya. Untuk hasil penilaian, nanti akan diumumkan kembali," ujarnya.

Iwan menerangkan, desa pemenang dalam perlombaan nantinya akan mendapatkan bantuan untuk pengembangan objek desa wisata alam agar menjadi lebih baik. "Pemenangnya nanti akan diberikan bantuan untuk mengembangkan wisatanya agar lebih baik lagi kedepan," paparnya.

BacaIni Komitmen DPMD atas Keberadaan Objek Wisata Karangpara

Sementara itu, Camat Gunungguruh, Erry Erstanto menuturkan, perlombaan ini hanya sebagai pemacu semangat baru untuk mengembangkan objek wisata ini agar lebih baik lagi hingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. "Seperti pada slogan Gunung Diurus, Cai Diaping, Lemah Ditata, Warga Waluya. Artinya ketika gunung diurus tanah ditata dan air dijaga maka warganya sudah tentu bakal sejahtera," singkatnya.

Baca juga: Sepeda dan Karpet Terbang Jadi DayaTarik Wisata Karangpara

Pewarta : Azis R
Editor : Agus Setiawan
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Tertarik dengan Artikel Kesehatan dan lainnya, baca:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close