Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Monday, October 21, 2019

Redaktur

PMI Kabupaten Sukabumi Sebut, Golongan Darah A Banyak Dibutuhkan

Agus Sutisna, Kepala Bidang Pelestarian Donor Darah PMI Kab. Sukabumi
Kepala Bidang Pelestarian Donor Darah PMI Kabupaten Sukabumi, Agus Sutisna.  
sukabumiNews, CISAAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menyebut, persediaan stok darah untuk golongan darah (A) banyak dibutuhkan lantaran semakin menipis. PMI Kabupaten Sukabumi juga mengungkapkan, untuk saat ini ketersediaanya golongan darah A tersebut hanya empat labu saja.

“Sementara untuk golongan (AB), (B), dan (O), masih tersedia sebanyak 79 labu,” ujar Kabid Pelestarian Donor Darah PMI Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Agus Sutisna ditemui di kantornya, Senin (21/10/2019).

Jumlah tersebut, kata Agus, adalah sisa dari pendistribusian ke bank darah dari sejumlah rumah sakit yang bekerjasama dengan PMI. “Jadi untuk satu pecan kedepan dinyatakan masih aman," ucapnya.

Agus juga menjelaskan, menipisnya stok darah golongan (A) tersebut lantaran disebabkan tingginya kebutuhan darah golongan ini, sehingga mempengaruhi stok di PMI kabupaten Sukabumi.

Meski Pendonor cukup banyak, namun  terang Agus, kebutuhan tidak bisa diperkirakan, terlebih jika ada kejadian luar biasa.

“Idealnya, kebutuhan darah untuk Kabupaten Sukabumi sekitar 1500 labu setiap bulannya. Namun beberapa bulan terakhir kebutuhan terus meningkat,” beber Agus.

"Sejak bulan Agustus kebutuhan terus meningkat , tercatat pada bulan Agustus Kebutuhan darah mencapai 1509 labu dan bulan September mencapai 1688 lalu," tuturnya.

Untuk menangani krisis darah, kata Agus, PMI kabupaten Sukabumi melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan mengadakan donor darah dan terus mensosialisasikan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan donor darah.

"Kepada perusahaan dan masyarakat yang belum aktif menjadi member donor darah, kami menghimbau untuk mengikuti kegiatan untuk mencegah terjadinya kelangkaan darah," tutupnya.

Baca juga: Persediaan Darah di UDD PMI Kabupaten Sukabumi Masih Cukup untuk Dua Pekan ke Depan di Bulan Ramadhan

Pewarta : Azis Ramdhani
Editor : AM.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Loading...
close