Breaking

Wednesday, October 9, 2019

Redaksi sukabumiNews

Bupati Sukabumi akan Dorong Wisatawan Mancanegara Masuk ke Geopark Ciletuh

*Bupati Sukabumi, Marwan Hamami*
Bupati Sukabumi saat menyampaikan sambutan di hadapan ratusan masyarakat Desa Ciwaru, Selasa (8/10/2019). [Foto dok: HMS, DKIP]  
sukabumiNews, CIEMAS – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan, pihaknya akan mendorong para wisatawan mancanegara untuk masuk ke wilayah Geopark dan melakukan edukasi tentang penanaman padi di wilayah ini.

Hal ini disampaikan Bupati Sukabumi di hadapan ratusan warga di Pantai Palangpang Geopark, saat kunjungannya ke Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019).

Bupati Marwan berkunjung ke tempat ini dalam rangka menyerahkan secara simbolis 400 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk dua desa, yaitu 300 sertifikat untuk Desa Ciwaru dan 100 sertifikat untuk Desa Girimukti.
Masyarakat penerima sertifikat PTSL berfoto bersama Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. (Foto dok: HMS, DKIP)  
"Kita akan dorong para wisatawan mancanegara untuk masuk ke wilayah Geopark dan melakukan edukasi tentang penanaman padi di wilayah ini dengan cara membajak sawah tidak menggunakan mesin traktor tetapi menggunakan hewan kerbau, sehingga menarik wisatawan untuk datang,” ujar Marwan.

Ide kreatifitas ini, kata Marwan harus terus dikembangkan karena potensi sumber daya alam di wilayah Sukabumi cukup melimpah.
Hadir pada kesempatan tersebut Kepala BPN Kabupaten Sukabumi, Achdiar P. Asmara, Kadis Budpora, Kadis Kominfo, Camat Ciemas, Unsur TNI/Polri, beserta undangan lainnya.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Sukabumi, Achdiar P. Asmara pada kesempatan itu mengungkapkan, Pada tahun ini peruntukkan sertifikat untuk Desa Ciwaru Sebanyak 1916 sertifikat dan Giri Mukti kurang lebih 2900 sertifikat.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat semuanya bisa secepatnya diselesaikan," ucapnya.

Dia menegaskan bahwa sertifikat itu menjadi kepastian hak untuk tanah, dan menunjang arahan-arahan dari dinas terkait untuk mengarahkan prosesnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Ciwaru, Taufik menyampaikan bahwa pembagian sertifikat PTSL ini setelah proses kurun waktu kurang lebih 7 bulan dari mulai proses pendaftaran, pendataan sampai pengukuran.

"Yang mendaftarkan di program PTSL ini hannya ada 1916 sertifikat dari jumlah tersebut dalam rangka Hari Kemerdekaan RI, pembagian di Ciwaru sebanyak 300 sertifikat dan Desa Girimukti sebanyak 100 sertifikat, jadi total hari ini yang dibagikan sebanyak 400 sertifikat" jelasnya.

Baca juga: Pemdes Bojongsari Meriahkan Milangkala ke-2 Wisata Alam Puncak Heas

Pewarta : Hilman Hudori
Editor : AM
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Tertarik dengan Artikel Kesehatan dan lainnya, baca:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close