Breaking

Tuesday, September 10, 2019

Redaktur

Sekilas Alasan Mengapa Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Ditetapkan Tanggal 10 September

sukabumiNews, PALABUHANRATU – Kabupaten Sukabumi memang sudah memiliki hari jadi yaitu pada tanggal 1 Oktober 1945. Meski demikian, Para sesepuh, dan berbagai kalangan masyarakat sukabumi sering bertanya-tanya, mengapa Hari Jadi Kabupaten Sukabumi lebih muda dari Hari Jadi Kota Sukabumi.

Pertanyaan ini tentu menjadi perhatian semua kalangan terutama para tokoh dan sejarawan, hingga Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi berinisiatif mengundang Guru Besar Ilmu Sejarah, Pakar Hukum, Pakar Sosiologi dari Universitas Padjadjaran, Toloh Masyarakat, serta pelaku sejarah lain yang dianggap mengetahui sejarah mengenai terbentuknya Kabupaten Sukabumi.

"Hal ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan masyarakat tentang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang sebenarnya. Karena menyangkut hal ini, perlu adanya kajian sejarah terbentuknya Kabupaten Sukabumi dari masa Kolonial Hindia Belanda, sampai masa pendudukan Jepang hingga saat ini saya menjabat Bupati Sukabumi,” ungkap Bupati Sukabumi, Marwan Hamami selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-149.

Upacara Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-149 dilaksanakan di lapangan ucapara Cangehgar Jln. Jenderal A. Yani Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (10/9/2019).

*upacara peringaatan hari jadi kabupaten sukabumi ke-149*
Selain Bupati Sukabumi, turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Sukabumi, H.Adjo Sardjono, Sekretaris Daerah, H.Iyos Somantri, Ketua sementara DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, Kapolres Sukabumi, Dandim 0622 Sukabumi, Dandim 0607 Kota Sukabumi dan Kajari Cibadak.

Lebih jauh Marwan mengungkapkan, guna menentukan Hari Jadi yaitu 1 Oktober 1945 menjadi 10 September 1870 perlu dilakukan penelusuran sejarah, dokumen dan studi komparasi dengan pendekatan yuridis normative, pendekatan sejarah,  hasil kajian akademis dan juga harus mempertimbangkan semua peraturan perundangan yang berlaku.

Karena menurut Marwan, mengubah hari jadi tidak bisa dilakukan sekehendak hati. “Menetapkan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi perlu adanya pengaturan yang dituangkan dalam Peraturan Daerah dan disetujui oleh para anggota Dewan yang terhormat,” jelasnya.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 14 tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi terang Dia, maka Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ditetapkan tanggal 10 September 1870.

Bupati Marwan menegaskan, penetapan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi adalah merupakan sarana dalam rangka menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan. Kebanggaan daerah, mendorong semangat memiliki dan membangun daerah serta memperkuat rasa kecintaan terhadap para penyelenggara Pemerintahan Daerah Kabupaten Sukabumi dan untuk menunjukkan jati diri Kabupaten Sukabumi yang memiliki keunggulan kualitatif, komparatif dan kompetitif yang dapat memacu pertumbuhan dan pengembangan pembangunan Kabupaten Sukabumi.


BACA Juga:
Promosikan Objek Wisata Cijeruk, Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Adakan Lomba Mancing

“Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-149 kali ini mengambil tema “Semangat Baru Melanjutkan Karya”. Tentunya, berkarya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, baik Sumberdaya manusia maupun Sumberdaya Alam yang cukup melimpah serta memiliki daya saing yang tinggi di lingkup Regional maupun Nasional,” terangnya.

Untuk mencapai hal tersebut, jelas Bupati, butuh persepsi yang sama serta komitmen seluruh pemangku kepentingan Kabupaten Sukabumi, karena Pemerintah Daerah tidak akan mampu mewujudkan hal tersebut kalau tidak ada dukungan dari semua pihak.

Oleh karena itu, tema Hari jadi kali ini, sambung Bupati Marwan, sangat tepat untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan, kesatupaduan kita semua dalam berbagai aspek kehidupan dengan memanfaatkan potensi-potensi daerah yang kita miliki agar Kabupaten Sukabumi memiliki daya saing tinggi yang endingnya adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Saya selaku Bupati Sukabumi minta seluruh jajaran Perangkat Daerah untuk mendukung seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dan mampu menggerakkan seluruh jajaran di lingkungan Perangkat Daerahnya masing-masing, dengan tetap berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Marwan.

Pewarta : Azis R
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Tertarik dengan Artikel Kesehatan dan lainnya, baca:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

Loading...
close