Breaking

Thursday, September 12, 2019

Redaksi sukabumiNews

Sebelum Wafat, BJ Habibie Pernah Ungkapkan Jika Ia Takut 'Mati'

sukabumiNews - PRESIDEN ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa dikenal dengan nama BJ Habibie, meninggal dunia (wafat) pada Rabu (11/9/2019) sekira pukul 18.05 WIB.

BJ Habibie meninggal dunia akibat penyakit yang ia derita di RSPAD Gatot Soebroto di usia 83 tahun.

Diketahui, BJ Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Rencananya, Almarhum BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tepat di samping makam Ibu Ainun.

Kabar wafatnya BJ Habibie ini disampaikan langsung oleh putranya, Thareq Kemal Habibie.

Seperti yang dikatakan Thareq, BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya akibat faktor usia, sehingga sejumlah organ tubuhnya mengalami degenerasi.

Sebelum meninggal dunia, BJ Habibie sempat mengungkapkan jika ia pernah takut 'mati'.

Hal tersebut diungkapkan pria dengan nama Rudi ini di acara Mata Najwa, yang ketika itu masih berada di stasiun MetroTV pada 2016 silam.

Awalnya, sang pembawa acara, Najwa Shihab, menanyakan pernyataan Habibie yang menyebutkan tentang cinta Illahi.

"Tadi Pak Habibie menyebutkan, cinta Illahi itu ketika, bahkan maut pun tidak dapat memisahkan. Pak Habibie masih setiap Jumat masih selalu ziarah ke makam Ibu Ainun," tanya Najwa Shihab.

Mendengarkan pertanyaan tersebut, Habibie pun mengaku jika dirinya tiap malam selalu membaca Surah Yasin dan Tahlil yang diperuntukkan kepada istrinya dan ibunya.

"Ya, ya, dan tiap malam saya selalu baca Yasin dan Tahlil untuk ibu yang melahirkan saya dan Ibu Ainun. Tiap malam, tiap hari," ungkap Habibie waktu itu.

Setelah itu, Habibie pun menceritakan ketika dirinya masih muda, pernah mengungkapkan jika ia takut 'mati'.

Ia pun menceritakan ketika dirinya mulai sakit-sakitan dan di operasi, Presiden ke-3 RI ini pun mengaku jika sangat takut dengan kematian.

Hal itu dikarenakan Habibie takut jika dirinya meninggal dunia, siapa yang akan menjaga istrinya, Ainun.

"Dulu waktu saya muda, terus jadi tua, agak sakit-sakitan, di operasi, saya takut sekali kalau saya mati," ujar Habibie.

"Takutnya, karena saya bertanya, kalau saya tiada lagi, siapa yang jaga Ainun? Siapa yang kawani dia? Tentunya ada Leila, ada yang lain, tapi harus ada 24 jam, who? saya gabisa jawab itu," ungkap Habibie.

"Karena saya tidak bisa jawab itu, saya takut sekali kalau saya mau mati," ujarnya sambil tersenyum.

Setelah mendengar pernyataan Habibie, Najwa Shihab pun menekankan kembali perkataan sang Presiden ke-3 RI ini.

"Takut mati waktu itu?" tanya Najwa Shihab.

"Waktu itu," jawab Habibie.

Habibie pun kembali mengatakan jika sekarang ia meninggal dunia, dirinya sudah tidak takut 'mati' seperti yang diungkapkan di awal.

"Kalau sekarang tidak, karena Ainun di dimensi yang lain, saya tahu dia di kavling nomor 121, di Kalibata, Taman Makam Pahlawan," ujar Habibie.

Setelah itu, Habibie pun mengaku jika ia sudah memesan kavling tepat di sebelah makam Ainun, sang istri tercintanya.

"Di kavling nomor 120, kosong, tempat saya nanti," ujar Habibie.

Najwa Shihab pun sampai heran dengan kesiapan Habibie yang sudah memesan kavling di sebelah Ainun.

"Pak Habibie bahkan sudah menyiapkan kavling di samping...?," tanya Najwa Shihab.

Mendengarkan pertanyaan Najwa Shihab, Habibie dengan tegas jika ia tidak mau kalau dirinya nanti meninggal dunia dan tidak dimakamkan di sebelah Ainun.

"Ya saya buat persyaratan, tidak mau istri saya dimakamkan di Taman Pahlawan, kavling itu kalau saya tidak disebelahnya. Kalau enggak, gausah. Itu persyaratan mutlak," tegas Habibie.

Najwa Shihab kembali bertanya jika sekarang Habibie dijemput ajal, apakah ketakutan akan kematian masih menyelimuti.

Dengan tegas, Habibie pun menjawab jika sekarang ia sudah tidak lagi takut dengan kematian.

Sambil berkelakar, Habibie mengungkapkan jika dirinya sekarang meninggal dunia, bukan hanya ibunya saja yang menjemput, melainkan juga istrinya.

"Jika dulu Pak Habibie takut mati, sekarang?," tanya Najwa Shihab.

"Sekarang tidak, karena kalau misalnya saya mati, saya tidak takut. Karena kalau andai kata saya sampai waktunya dipanggil masuk ke dalam dimensi dalam keadaan Ainun, ya saya tahu yang akan menemui saya pertama bukan ibu saya saja dan keluarga, tapi Ainun sudah 'hei, kamu sekarang di sini yaa?'," ujar Habibie diiringi tawa dan tepuk tangan penonton.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sebelum Meninggal Dunia, BJ Habibie Pernah Ungkapkan Jika Ia Takut 'Mati'


Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Tertarik dengan Artikel Kesehatan dan lainnya, baca:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

Loading...
close