Breaking

Friday, September 20, 2019

Redaktur

Puskesmas Simpenan Gencar Sosialisasi Pencegahan Keracunan dan Ajak Masyarakat Deklarasi Stop BABS

sosialisasi pencegahan keracunan makanan
sukabumiNews, SIMPENAN - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Simpenan tengah gencar melakukan sosialisasi pencegahan keracunan makanan kepada masyarakat secara preventif dan promotif melalui kegiatan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kegiatan dilaksanakan di Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Jum'at (19/9/2019).

"5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tersebut yaitu stop babs, ctps, pengelolaan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga." jelas Kepala Puskesmas Simpenan Ade Kartini Tresnawati, Str.Keb., kepada sukabumiNews melalui sellulernya, Jum'at (19/9/2019).

tanda tangan
Selain dengan itu, tambah Ade Kartini, masyarakat juga diajak untuk berdeklarasi “Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)” dengan membubuhkan tanda tangan di atas selember media yang telah disediakan. 

Ade Kartini menuturkan dengan adanya komitmen dari masyarakat yang didukung oleh aparatur Desa, Kecamatan, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan OPD lainnya serta Pemda diharapkan program Stop BABS ini dapat segera terwujud.

"Penggalangan komitmen masyarakat dan unsur muspika kecamatan Simpenan berupaya dalam menggalakan hidup bersih dan sehat kepada masyarakat," tuturnya.

Dijelaskan Ade, peran serta masyarakat dan element pimpinan desa sangat penting guna meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. “Salah satunya melalui 5 Pilar STBM tersebut,” tambahnya.

deklarasi stop BAB sembarangan
Menurut Ade, hal ini dilakukan guna mendukung pencepatan penanggulangan stunting di Kecamatan Simpenan. “Begitu pentingnya pencegahan dan pengendalian penyakit berbasis lingkungan melalui komitmen dari unsur masyarakat dengan deklarasi stop Buang air besar sembarangan,” sambungnya.

Sementara itu Camat Simpenan, Iwan Gunawan yang juga hadir pada pertemuan deklarasi Stops Buang Air Besar Sembarangan tersebut memberikan arahan kepada masyarakat akan pentingnya pembangunan kesehatan di Desa Loji.

“Salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat dengan melakukan penggalangan komitmen bersama, dan harus bersinergi dengan semua element, guna meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan," tutup Camat Iwan.


BACA Juga:
Puskesmas Simpenan Pastikan 182 Korban Keracunan dalam Kondisi Normal

Pewarta : Azis R
Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Berita menarik lainnya:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu


TRENDING TOPIK
close