Breaking

Friday, September 27, 2019

Redaktur sukabumiNews.net

Liga Jurnalis Sukabumi Gelar Aksi Solidaritas Kebebasan Pers dan Tolak RUU KUHP

Liga Jurnalis Sukabumi (LJS)
sukabumiNews, CIKOLE – Sejumlah Wartawan yang tergabung dalam Liga Jurnalis Sukabumi (LJS) menggelar aksi demo di bundaran Tugu Adipura Kota Sukabumi, Jum’at (27/9/2019).

Selain mendesak pembatalan pengesahan RKUHP, Liga Jurnalis Sukabumi juga meminta pemerintah menegakkan UU No 40 tahun 1999 tentang pers, lantaran masih adanya kekerasan terhadap jurnalis, terlebih saat aksi demo di Jakarta oleh oknum aparat kepolisian, LJS tergerak menyampaikan mosi tidak percaya kepada Pemerintah dan DPR RI.

Mereka juga mendesak kepada pemerintah dan DPR RI untuk membatalkan 10 Pasal RUU KUHP lantaran dianggap tidak relevan dan agar mendesak Kapolri mengusut tuntas pelaku kekerasan terhadap jurnalis.

LJS demo tolak ruu kuhp dan kekerasan kepada wartawan
Aksi dimulai pada pukul 13.00 WIB. Para awak media berkumpul di bundaran Kimia Farma dan tampak membentuk lingkaran mengelilingi bundaran ABC untuk melakukan aksi teatrikal dengan membelakangi bundaran dalam kondisi mulut tertutup kain hitam sambil bergandengan tangan, simbol kebebasan pers telah dibungkam.

Sebagian mereka terlihat aktif membagikan lembaran pernyataan sikap LJS dan selebaran mengenai isi UU Nomer 40 Tahun 1999 Tentang Pers kepada masyarakat dan petugas kepolisian yang hadir mengamankan aksi.

"Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan-rekan kami di Jakarta. Ini aksi damai, namun harus dicamkan, kami mendesak pihak berkapasitas untuk menegakan keadalin melindungi para Jurnalis khususnya di Sukabumi. Jangan ada lagi persekusi dan tegakan demokrasi. Terakhir, lepaskan rekan kami, Dandhy Dwi Laksono," beber Herlan Heryadi kepada Wartawan.

Baca Juga, IJTI: Revisi Undang Undang KUHP Ancam Kebebasan Pers

Perwakilan LJS, juga memberikan surat pernyataan dari Dewan Pers yang berisi penenolakan terhadap RUU KUHP kepada Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo, SIK., sebagai simbol duka jurnalis dan kekecewaan jurnalis terhadap oknum polisi di Jakarta yang tega melakukan tindakan tidak terpuji.

Menyikapi ekspektasi rekan-rekan Liga Jurnalis Sukabumi, khususnya mengenai keamanan peliputan di Kota Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo, SIK. menyambut baik aksi damai yang digelar dengan penuh sikap ramah itu.

Kapolres menegaskan, pihak Polres Sukabumi Kota menjamin semua tindakan kerja jurnalistik di Kota Sukabumi sesuai UU Pers. Karena menurut Kapolres, para Wartawan adalah rekan.

"Kami siap menjamin. Silahkan melakukan peliputan di Kota Sukabumi sesuai dengan UU Pers," ujar Kapolres.

Pewarta: Azis R
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Berita menarik lainnya:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu


TRENDING TOPIK
close