Breaking

Friday, August 30, 2019

Redaktur

Soal SMA/SMK Gratis di Jabar, Wagub Akui Masih Terkendala Keuangan

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.
sukabumiNews, SUKABUMI – Menyoal program SMA/SMK Negeri dan Swasta yang bakal digratiskan Pemprov Jabar pada 2020 mendatang, ditanggapi pesimis oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Wagub Uu mengakui, saat ini, alokasi untuk pembebasan biaya SPP bagi SMA/SMK Se-Jabar masih terkendala keuangan.

Pernyataan itu Dia sampaikan kepada sukabumiNews setelah menghadiri kegiatan Harganas Ke-26 dan HAN di Lapang Cangehgar, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi (29/08/2019).


BACA Juga:
Wagub Ajak Warga Jabar Cintai Keluarga di Peringatan Harganas XXVI dan HAN

"Program SPP gratis untuk SMA/SMK di Jabar, itu baru kita fokuskan untuk negeri saja, untuk swasta saat ini masih terkendala keuangan," kata Wagub Uu kepada sukabumiNews.

Kendati masih terkendala keuangan, lanjut Dia, Pemprov Jabar sudah berupaya membebaskan SPP untuk SMA/SMK Negeri secara bertahap dan pada 2020 mendatang, berharap semuanya akan tuntas. Di luar SMA/SMK, Wagub Uu juga menyebut, Pemprov Jabar suda mencapai program SPP gratis bagi SMP. Pencapaiannya sudah 70 persen. Karena jelas dia, untuk menutupi sektor pendidikan tidak sedikit anggarannya.

"Saat ini anggaran yang ada untuk SPP graris SMA/SMK hampir Rp700 miliyar," jelas Uu

Di sektor lain, Wagub Uu mengungkapkan pentingnya membangun bandara di Sukabumi Jawa Barat lantaran kebutuhan transportasi warga Jabar saat ini sangat dominan. Warga Jabar, terang Dia, memiliki ekspektasi yang besar terhadap kemudahan transportasi tanpa kecuali transportasi udara.

Di samping itu, tutur Wagub Uu, dengan menggunakan pesawat terbang semua akses perjalanan akan bisa ditempuh lebih cepat. Nantinya, jelas Dia, di Jawa Barat akan dibangun beberapa bandara bertaraf internasional dan regional termasuk di Kabupaten Sukabumi.

"Insyaallah program pembangunan bandara secepatnya akan dilaksanakan. Tapi kewenangannya ada di pusat," jelas Uu Ruzhanul Ulum.


Pewarta : Azis R.
Editor : Agus Setiawan.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Berita menarik lainnya:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu


TRENDING TOPIK
close