Breaking

Thursday, July 4, 2019

Redaksi sukabumiNews

Jelang Pilkades Serentak 2019 Dinas PMD Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek Panitia Pilkades Tingkat Desa

Dinas PMD Kabupaten Sukabumi
sukabumiNews, SUKABUMI – Menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan dilangsungkan pada November 2019 mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bagi panitia pilkades untuk tingkat desa.

Bimtek yang berlangsung sejak Senin (1/7/2019) hingga berakhir pada Jum’at (16/8/2019) mendatang itu diselenggarakan di salah satu Hotel di wilayah Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Peserta pilkades serentak nanti ada 240 desa. Untuk Bimtek panitia pilkades, ini khusus bagi panitia pilkades di tingkat desa. Pembentukan panitia tingkat kabupaten dan desa, semuanya sudah terbentuk," kata PLT Sekretaris Dinas PMD H. Dedi Kusnadi kepada sukabumiNews saat ditemui di sela-sela acara bimtek. Kamis (4/7/2019) petang.

"Hari ini pesertanya dari Kecamatan Cikakak sebanyak 8 desa dan 1 desa dari Kecamatan Bantargadung. Jadi, proses Bimteknya maraton untuk semua panitia di tingkat desa se-Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.

Dedi menjelaskan, saat ini penyelenggaraan bimtek panitia pilkades serentak baru memasuki hari ke-4. Sebelumnya, untuk panitia pilkades di tingkat desa sudah dibentuk oleh BPD masing-masing.

Selanjutnya, tambah Dedi, mereka diundang mengikuti bimtek pilkades serentak agar mereka mendapatkan kelengkapan informasi dan segala sesuatunya agar tidak kewalahan saat waktunya tiba.

Dedi juga mengungkapkan, memahami ketentuan penyelenggaraan pilkades serentak itu sangat penting, khususnya bila panitia pilkades menghadapi masalah di lapangan yang berpotensi konflik antar warga. “Dan jika suatu saat ada hasil perolehan suara yang seimbang, itu harus dilakukan pemeilihan ulang,” bebernya.

Dia menuturkan, sebagai panitia, mereka juga dituntut tegas dan profesional dalam menjalankan amanah. Apa pun syarat mutlak, semua harus dicek dan dikroscek secara matang.

"Semuanya sudah kita persiapkan. Karena sebelumnya mereka pernah menjadi panitia di beberala pemilihan seperti di Pilgub, Pileg dan Pilpres, jadi tidak terlalu sulit untuk mengarahkannya," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sukabumi, H. Thendy Hendrayana mengharapkan, melalui bimtek ini, panitia pilkades di tingkat desa mampu mempersiapkan proses pemilihan kepala desa dengan sebaik mungkin.

"Semoga panitia pilkades ini mampu bekerja dengan baik dan tetap berpegang teguh pada tanggung jawabnya sebagai pengabdi masyarakat," ujar Thendy. 

Kompol Sumarna

Acara Bimtek hari ini dihadiri oleh Bupati Sukabumi, para kepala desa se-Kecamatan Cikakak dan satu desa dari Kecamatan Bantargadung. Sedangkan untuk narasumber yang mengisi kegiatan hari ini diantaranya, Kabag Ops Polres Sukabumi Kota, Sumarta, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Bidang Administrasi Pemerintah Desa (Adpemdes).





Pewarta: Rio BG/Azis R.
Editor: Agus S.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Berita menarik lainnya:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu


TRENDING TOPIK
close