Breaking
loading...

Monday, April 22, 2019

Redaksi sukabumiNews

Akhirnya Rumah Reyot Mak Unah, Guru Ngaji Penyandang Disabilitas Itu akan Dibedah

Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik Mak Unah, Sosok Guru Ngaji penyandang disabilitas, penderita cacat sejak lahir yang tinggal di Kp. Cikundul Girang, RT 002/007 Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi akan dibedah.
Mak Unah (kanan) duduk bersama sadaranya yang selama ini membantu aktifitasnya (kiri) di teras rumahnya yang berukuran 4X5 Meter Persegi yang akan dibedah. (Foto: Azis R/sukabumiNews)
------------
sukabumiNews, LEMBURSITU - Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik Mak Unah, Sosok Guru Ngaji penyandang disabilitas, penderita cacat sejak lahir yang tinggal di Kp. Cikundul Girang, RT. 002/007 Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi akan dibedah.

Seperti diberitakan sukabumiNews sebelumnya, keberadaan Rutilahu beserta kondisi pemiliknya, Mak Unah memang membutuhkan perhatian pemerintah. Kenapa tidak, Mak Unah yang tidak memiliki tangan dan kaki normal, layaknya orang lain ini mengaku bila saat hujan turun atap rumah dan dinding biliknya yang bolong kerap kemasukan air.
Atas bantuan dari para pegiat social, kini Rumah panggung reyot milik penderita cacat sejak lahir yang berukuran 4 X 5 meter persegi ini rencananya akan di bedah pada Rabu 24 April 2019 mendatang.

Lurah Cikundul, Agus Heryanto mengatakan, pembangunan tersebut didanai oleh salah satu komunitas mobil di Sukabumi yang diperoleh dari hasil donasi antara pihak komunitas ditambah dari Kelurahan dan Kecamatan Lembursitu.

"Dana tersebut berkisar sekitar Rp40 juta dan akan di alokasikan untuk membedah Rutilahu Mak Unah dan pembangunan MCK musholla Alhidayah yang terletak di RW 03 di wilayah Kelurahan Cikundul," kata Agus kepada sukabumiNews.

Camat Lembursitu, Hj. Nuraeni Komarudin, mengawali pembuatan MCK Musholla Alhidayah untuk Tempat Pengajian Santri Mak Unah, dengan peletakan batu pondasi pertama pada Ahad (21/4/19).
Agus menjelaskan, pembangunan telah dimulai dari pembuatan MCK Musholla Alhidayah yang diawali dengan peletakan batu pondasi pertama langsung oleh Camat Lembursitu, Hj. Nuraeni Komarudin pada Ahad (21/4/19) kemarin.

"Sedangkan untuk renovasi Rutilahu Mak Unah rencananya akan di laksanakan pada Rabu 24 April 2019 sekitar pukul 08:00 WIB dan akan di hadiri oleh komunitas yang memberikan donasi," jelas Agus.

Agus jiga mengungkapkan, sebelum mendapat bantuan dari salah satu komunitas di Sukabumi, Rutilahu Mak Unah sudah dimasukan dalam daftar penerima bantuan rutilahu dari pemerintah provinsi Jawa Barat. Namun saat ini, tambah Agus, bantuan tersebut akan dicabut dan dilimpahkan kepada pemilik Rutilahu lainnya.

"Tahun ini kami mendapatkan bantuan untuk 70 unit Rutilahu dari pemerintah provinsi dan kementerian PUPR yang Insya Allah akan di realisasikan pada Bulan Juli mendatang." Pungkasnya.


Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close