Breaking

Friday, December 28, 2018

Redaksi sukabumiNews

Melalui Sosialisasi Pembuatan Roter, Danramil Pidie Ajak Masyakat Desa Batee Manfaatkan Peluang Usaha.

Koramil 04/Pidie Kodim 0102/Pidie tengah menyosialisasikan Pembuatan Roter kepada masyarakat di Gampong Batee Kecamatan Pidie. Jum'at (28/12/2018).
[Koramil 04/Pidie Kodim 0102/Pidie tengah menyosialisasikan Pembuatan Roter kepada masyarakat di Gampong Batee Kecamatan Pidie. Jum'at (28/12/2018)].
Aceh Pidie, SUKABUMINEWS.net – Dalam rangka terus mencerdaskan masyarakat serta mendukung terwujudnya ketahanan Pangan Nasional, khususnya kebutuhan akan daging, Koramil 04/Pidie Kodim 0102/Pidie kembali mensosialisasikan dan mendemontrasikan bagaimana cara membuat ramuan organik Ternak dan Unggas (Roter).

Sosialisasi dan demontrasi yang dilakukan Koramil 04/Pidie Kodim 0102/Pidie itu di selenggarakan di Gampong Batee Kecamatan Pidie. Jum'at (28/12/2018).

Danramil 04/Pidie, Kapten Czi Putut Ariyanto mengatakan, pembuatan pakan fermentasi ini akan menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin serius mengembangkan usaha peternakan tanpa terkendala bagaimana cara memenuhi kebutuhan pakannya ternak itu sendiri.

"Jika selama ini para masyarakat mempunyai hewan ternak baik sapi, kerbau maupun kambing dengan mengandalkan mencari rumput hijau, bahkan terkadang di biarkan liar tanpa dikandangkan, hal tersebut akan menjadi masalah bila pada musim kemarau tiba,” kata Dandim 04/Pidie.

Pasalnya lanjut dia, pada musim kemarau ketersediaan rumput hijau tentu akan berkurang. “Akibatnya dibutuhkan waktu lama dalam menyediakan pakan ternak itu sendiri. Melalui pembuatan pakan ternak seperti inilah kendala tersebut dapat teratasi," jelas Kapten Czi Putut Ariyanto.

Lebih lanjut Danramil menyampaikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat akan besarnya peluang usaha yang masih terbuka lebar dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan usaha peternakan, baik sapi, kambing, maupun kerbau. Hal tersebut menginggat di Provinsi Aceh kebutuhan akan daging sangat tinggi.

Mengakhiri sambutanya Danramil mempersilahkan kepada masyarakat gampong Batee untuk melihat hasil peternakan kambing yang menggunakan pakan fermentasi tersebut di desa sirong kecamatan Pidie milik saudara Firman.

Kegiatan pembuatan Roter dan Pakan fermentasi di demontrasikan oleh Serka Mujiburahman dan beberapa anggota Koramil 04/Pidie.  Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan Roter yaitu; 5 buah Pisang barangan, 1 buah Nanas, 1 kg Rumput Laut,  Ragi 4 butir, Air kelapa 5 liter, Air leri 3 liter, Gula Kelapa 1 kg, Usus ikan Nila 2 ons, 1 Liter Susu Murni, dan 5 Botol Yakult.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam Pidie,  Azhari, Kapolsek Pidie yang dalam hal ini diwakili oleh Bripka Hendri, Keuchik Gampong Batee Abdul Razak, jajaran Babinsa Koramil 04/ Pidie dan Tokoh Masyarakat setempat.

[Pewarta: Zoni Jamil]
Editor: Red.
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close