Breaking

Monday, October 29, 2018

Redaksi sukabumiNews

Guna Memupuk Semangat Pemuda, Kodim 0102 Pidie Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-90

Guna Memupuk Semangat Pemuda, Kodim 0102 Pidie Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-90
Aceh Pidie, SUKABUMINEWS.net - Guna memupuk  semangat pemuda demi mewujudkan persatuan dan kesatuan sesuai pelaksanaan kongres pemuda. Komando Distrik Militer 0102/Pidie menggelar upacara pengibaran bendera merah putih. Upacara di gelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 yang di laksanakan di halaman markas Komando Distrik Militer 0102/Pidie, Senin (29/10).

Upacara dipimpin langsung oleh Dandim 0102/Pidie Letkol Arm Wagino, SE., selaku inspektur upacara.

Dalam pidatonya, Letkol Arm Wagino, SE membacakan amanat yang disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang berisi ajakan kepada seluruh pemuda Indonesia untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia.

Adapun Tema dari Peringatan Sumpah Pemuda ke-90, pada 29 Oktober 2018 kali ini yakni "Bangun Pemuda Satukan Indonesia".

“Tema besar tersebut diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif dan mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI,” kata Letkol Arm Wagino.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini," terangnya.

Dia melanjutkan, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Di satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumberdaya serta daya saing, Namun di sisi lain menurutnya, perkembangan tersebut juga mempunyai dampak negatif apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Di jelaskannya bahwa beberapa waktu yang lalu, yaitu pada perhelatan Asian Game dan Asian Para Game, atlet-atlet Indonesia mampu bersaing dan berkompetisi hingga berhasil meraih peringkat ke 4 dan ke 5 tingkat benua Asia. “Ini merupakan sejarah baru kebangkitan olah raga kita dan harus bisa kita jadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda berprestasi,” tegas Dandim.

Maih dalam pidatonya, Dandim 0102/Pidie juga menuturkan bahwa pada Tahun 2019 nanti Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar, yaitu pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, serta DPR RI, DPD RI, dan DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.

Untuk itu menurutnya, diperlukan partisipasi aktif dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan tersebut serta mampu memberikan wawasan dan pandangan kepada masyarakat dari gesekan-gesekan yang dapat melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia," seru Letkol Arm Wagino, SE., meneruskan pesan pidato yang disampaikan Menpora itu.

Pewarta: Zoni Jamil,S.Sos.i
Editor: Red.
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu