Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Wednesday, October 17, 2018

Redaksi sukabumiNews

Empat Tahun Jokowi, Total Utang Pemerintah Tembus Rp4.416 T

[Ilustrasi Gambar]
Jakarta, SUKABUMINEWS.net - Presiden Joko Widodo akan memasuki tahun keempat pemerintahannya pada 20 Oktober mendatang. Hampir genap empat tahun, pemerintah mencatatkan total utang mencapai Rp4.416 triliun, naik sekitar Rp1.815 triliun dari posisi September 2014. 

Berdasarkan data APBN Kita edisi Oktober, utang pemerintah naik 14,22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp3.886 triliun. Utang tersebut masih didominasi Surat Berharga Negara (SBN) yang mencapai Rp3.593,26 triliun, naik 14,85 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Porsi SBN mencapai 81,36 persen dari total utang pemerintah. Adapun jenis utang tersebut didominasi dalam denominasi rupiah yang mencapai Rp2.537,16 triliun, sedangkan dalam denominasi valas (valuta asing) mencapai Rp1.056,1 triliun.

Sementara itu, utang dalam bentuk pinjaman mencapai Rp823,11 triliun atau naik 11,53 persen menjadi Rp823,11 miliar. Hampir seluruh pinjaman atau sebesar Rp816,13 triliun berdenominasi valuta asing (valas).

Seiring dengan total utang yang meningkat, pembayaran bunga utang pemerintah juga turut membengkak. Hingga akhir September, pembayaran bunga utang pemerintah mencapai Rp197,84 triliun. Jumlah tersebut naik  sekitar 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, tapi porsinya telah mencapai 82,91 persen dari total alokasi tahun ini.


[Sumber: CNN Indonesia]
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close