Breaking
loading...

Tuesday, May 29, 2018

Redaksi sukabumiNews

Bupati Perintahkan Camat dan Kades untuk Galakan Program ZIS

[Fhoto: Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka selubung pada papan nama sebagai tanda peresmian sekretariat Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Lengkong pada acara Muhibah Ramadhan di Masjid Al-Hikmah, Lengkong].
sukabumiNews.net, LENGKONG - Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memerintahkan para camat dan kepala desa untuk lebih menggalakan program-program ZIS (zakat, infaq, dan sedekah) di wilayahnya masing-masing. Di Kabupaten Sukabumi terdapat banyak program ZIS yang berasal dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), pemda, maupun Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

"Tujuan dari penggalakan ZIS ini sangat banyak antara lain sebagai salah satu upaya meningkatkan pahala di bulan Ramadhan. Para camat dan kepala desa dapat mengambil peran untuk mengajak masyarakat agar beramal melalui zakat, infaq, dan sedekah," kata bupati pada acara Muhibah Ramadhan di Masjid Al-Hikmah,  Kampung Sindanggalih, Desa/Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Senin (28/5/2018) kemarin.

Selain camat dan kepala desa, seluruh perangkat daerah dan unsur pemerintah juga diinstruksikan untuk mendukung kesuksesan program-program ZIS. Dengan demikian, kata bupati, masyarakat akan lebih terdorong untuk melaksanakan amal melalui ZIS.

Pada Muhibah Ramadhan itu, secara simbolis Marwan memberikan 150 paket sembako dari BAZNAS Kabupaten Sukabumi untuk kaum dhuafa, termasuk kalangan orang jompo dan anak yatim.

Bupati juga menyerahkan bantuan sarana keagamaan berupa 10 Al-Quran dan buku tafsir, jadwal shalat, serta buku DMI (Dewan Masjid Indonesia) dari DMI Kabupaten Sukabumi untuk DMI Kecamatan Lengkong. Pada waktu yang bersamaan, bupati menyerahkan pula 6 paket Al-Quran dari Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi untuk 6 majelis taklim yang ada di Kecamatan Lengkong.

Di tempat yang sama, Marwan meresmikan kantor sekretariat DMI Kecamatan Lengkong yang ditandai dengan pembukaan selubung. Bupati mengharapkan, peresmian sekretariat DMI tersebut dapat meningkatkan peran masjid dalam memberdayakan jamaah masjid.

"Di bulan Ramadhan ini, umat Islam dapat melaksanakan berbagai amalan untuk meningkatkan kualitas ibadah shaum. Selain membayar ZIS, amalan yang dapat dilakukan antara lain mendirikan shalat malam atau shalat tarawih berjamaah di masjid, mambaca Al-Quran, itikaf di masjid, serta memperbanyak dzikir, doa, dan istighfar," ujar bupati. (*)

Pewarta: Nandang Sutisna.
Editor: Red.
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close