Anggota DPRD Jabar Angkat Bicara Soal Bantuan Pakaian Bekas untuk Korban Gempa Cianjur

Gtw09.jpg
Tumpukan pakaian bekas hasil dari donasi dinilai menjadi masalah baru bagi lingkungan sekitar lokasi bencana. [Istimewa] 


sukabumiNews.net, CIANJUR – Anggota DPRD Jabar Fraksi PAN, Dessy Susilawati angkat bicara menyoroti bantuan pakaian bekas yang didonasikan bagi korban bencana Gempa Bumi di Cianjur.

“Aksi cepat warga menggalang donasi ataupun memberikan sumbangan patut diacungkan jempol. Namun, langkah kita berdonasi, khususnya yang berupa pakaian bekas, harus hati-hati,” ucap Dessy kepada sukabumiNews.net, Senin (28/11/2022).

Sebab, kata dia, jika tidak hati-hati, niat baik ini bisa menjadi masalah baru bagi lingkungan maupun penerima bantuan, jika tidak dilakukan secara bijak.

“Donasi berupa pakaian bekas dapat menjadi masalah baru ketika pakaian tidak dipilah. Proses ini menjadi krusial karena tidak semua pakaian dapat digunakan dan dalam keadaan layak. Misalnya, pakaian yang berjamur, robek, hingga berlubang,” papar Dessy.

Menurut Dessy, jika tidak dilakukan secara bijak, hal ini justru dapat menambah jumlah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), bahkan tertumpuk begitu saja di sekitar lokasi bencana.

“Dengan adanya penumpukan pakaian bekas yang tidak layak tersebut akan menjadi masalah baru dan menambah beban kerja bagi relawan posko,” katanya.

Dessy memangaku, dirinya sempat mendengar keluhan ini dari para relawan. Di tempat bencana mereka justru mengeluhkan tumpukan pakaian hasil donasi yang tidak digunakan sehingga menambah sesak gudang karena tertimbun terlalu lama dan pakaian pun menjadi lembap dan berjamur.

"Mereka akhirnya terpaksa membakar pakaian-pakaian bekas itu. Tentunya ini menjadi masalah lingkungan baru. Untuk itu saya berharap kepada para Donatur agar sebelum memberikan bantuan pakaian, dipilah pilah dulu supaya tidak mubadzir," pungkas Dessy.

BACA Juga: Anggota DPRD Jabar Fraksi PAN Beri Bantuan Sembako Bagi Warga Korban Gempa Cianjur

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post