News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komite MAN 1 Kota Sukabumi Menggelar Rapat, Begini Kata Kepala Sekolah

Komite MAN 1 Kota Sukabumi Menggelar Rapat, Begini Kata Kepala Sekolah


sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI – Dalam rangka menyampaikan Peraturan Menteri Agama (PMA) No 16 Tahun 2020 Tentang Komite Madrasah, Komite Sekolah (KS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi menggelar rapat Komite.

Rapat Komite yang melibatkan orang tua/wali, khusnya wali kelas X dan kelas XI tahun pelajaran 2022-2023 ini dihadiri langsung oleh Ketua Komite H Tatang Kamil dan Kepala MAN 1 Kota Sukabumi ini berlangsung di halaman sekolah tersebut, Kamis (23/6/2022).

Kepala sekolah MAN 1 Drs H Badru Tamam menjelaskan, kegiatan rapat ini dalam rangka menyampaikan peraturan menteri Agama no 16 tahun 2020.

“Bahwa komite berhak menggalang atau punya keleluasaan penyampaian hukum untuk menggalang dana kepada siapa saja masyarakat yang ingin mendukung sekolah ini termasuk orang tua murid," ungkap Badru Tamam kepada sukabumiNews.net, ditemui disela-sela kegiatannya, Kamis (23/6).

Melalui rapat seperti ini tambah dia, tenutunya permasalahan yang sering di keluhkan oleh orang tua yang kebanyakan dari golongan kurang mampu ini bisa terantisifasi.

“Ada satu hal yang harus saya tegaskan kepada komite dan kepada teman-teman guru, bahwa tidak boleh ada satu orang pun siswa yang tidak ikut ujian dan tidak ikut ulangan hanya gara-gara karena belum membayar SPP atau keuangan lainya, itu haram hukumnya di MAN," ujar Badru Tamam.

Badru menjelaskan, ketika ada salah satu siswa yang tidak mempunyai ongkos, pihaknya sudah menyediakan jemputan. Semnentara untuk kegiatan-kegiatan yang sipatnya urgen semacam ujian dan yang lainnya, pihak juga akan membantunya.

“Kita bisa bantu mereka,” katanya.

Dikatakan Badru, ada 2 hal sebagai kunci baginya untuk melayani masyarakat Kota Sukabumi melalui MAN, yaitu haram hukumnya jika ada siswa yang tidak bisa ikut ulangan hanya gara-gara belum membayar SPP atau keuangan lainya.

“Yang kedua, haram hukumnya jika ada yang berhenti sekolah hanya karena tidak ada biaya,” tandas Badru.

Jadi, lanjut dia, kalau ada yang berhenti dari sekolah ini, kemungkinan itu hanya karena dia menikah, atau pindah sekolah.

Dari sisi akademik, Badru mengungkapkan bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan primagama untuk memberikan tambahan pembelajaran bagi para murid di sekolahnya, supaya mereka bisa lebih hebat dan bersaing di perguruan tinggi negeri.

“Selain itu, dari sisi ekstrakurikuler, kami selalu membuka ruang kepada semua siswa yang punya potensi apapun, untuk selalu melaksanakan dan mengikuti kegiatan-kegiatan turnamen. Sebab itu bakal jadi jam terbang bagi mereka di event-event yang lebih tinggi," kata Badru.

Diketahui bahwa hampir semuanya pelajaran Ekstrakurikuler atau ekskul di MAN 1 Kota Sukabumi, tersedia. Diantaranya yaitu pencak silat, volly ball dan lain-lain.

“Pokoknya ada 18 cabang ekskul di MAN 1 ini. Alhamdulillah MAN 1 juara 1 putra-puteri untuk volly ball tingkat Kabupaten yang diselenggarakan pada bulan Maret 2022 lalu," ungkap Badru Tamam

Badru Tamam berharap, bagi anak yang tidak mampu untuk memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang disediakan pemerintah pusat.

Kami hanya memberikan dispensasi. Biasanya harus ada KIP dan yang lainnya sesuai aturan pemerintah," tutupnya. 

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas