News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DD 2022 Terserap, Pemdes Limbangan Prioritaskan Pembangunan pada Infrastruktur Pertanian

DD 2022 Terserap, Pemdes Limbangan Prioritaskan Pembangunan pada Infrastruktur Pertanian


sukabumiNews.net, SUKARAJA – Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2022 untuk tahap pertama di Desa Limbangan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mulai terserap dan disalurkan dengan baik.

Selain dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan drainase jalan pertanian, DD juga disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan membiayai warga yang terdampak Covid-19.


Demikian itu disampaikan Kepala desa Limbangan Deden Wikanda kepada sukabumiNews.net, ditemui di ruangan kantornya, Senin (18/4/2022).

“Dalam pengerjaannya di setiap titik, kita dimonitor langsung oleh Tim pelaksana Kegiatan ( TPK), tanpa terkecuali pendamping desa dan BPD setempat,” ucap Deden Wikanda.

Dikatakannya bahwa pembangunan drainase jalan pertanian tersebut berlokasi di Kampung Nagrak RT 03/RW 08 sepanjang 235 meter, dengan lebar dan tinggi 0,9 meter senilai Rp132,033,200 juta.

“Dan kedua, pembangunan jalan usaha tani di Kampung Kabandungan  RT 005/RW 004, yang menghubungkan dua desa, yaitu Desa Limbangan dan Desa Langansari dengan nilai sebesar Rp105,965,000 juta.

Deden menambahkan bahwa semuanya proyek dikerjakan dengan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan pelaksanaannya melibatkan warga setempat.

“Alhamdulilah anggaran DD tahap satu tahun 2022 ini oleh Pemdes Limbangan yang 20 persen sudah dialokasikan sesuai dengan tahapan yang sudah ditempuh mulai dari musdus, musdes bersama lembaga terkait lainnnya,” ungkapnya.

Dan pembangunan infrastruktur tersebut, lanjut Deden, sudah menjadi prioritas pemdes Limbangan berdasarkan hasil musyawarah bersama, dalam rangka antisipasi banjir serta untuk mencegah kerusakan jalan akibat air.

"Untuk sistem pembangunannya kami (pemdes Limbangan) tentunya berdasarkan juklak juknis yang tertuang dalam aturan kementerian," imbuhnya.

Atas nama Pemdes Limbangan, Deden mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mengucurkan anggaran bagi pemerintah desa yang dipimpimnya.

"Saya berharap ke depan agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemdes Limbangan. Karena pembangunannya tersebut akan sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat Limbangan yang mayoritas para petani," harap Deden.

Dia juga berharap, semoga dengan dibangunan sarana infrastruktur ini dapat memperlancar dan mempermudah akses kepada masyarakat Limbangan untuk membawa hasil pertaniannya.

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas