News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Angka Penduduk Miskin di Kabupaten Sukabumi Meningkat Signifikan

Angka Penduduk Miskin di Kabupaten Sukabumi Meningkat Signifikan

Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukabumi yang berlokasi di Jalan Karang Tengah KM 14 No. 52, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.  

sukabumiNews.net, CIBADAK (KAB. SUKABUMI) –Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukabumi mencatat jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sukabumi selama tahun 2021 mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kabupaten Sukabumi, Kosih Kosasih, ditemui sukabumiNews.net di ruangannya, Senin (12/04/2022).

“Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2021 mencapai angka 194,35 ribu jiwa atau sama dengan 7,70 persen,” ungkapnya.

Kosasih menjelaskan bahwa perbandingan indikator pada tahun 2020, tingkat penduduk miskin dengan angka 175,10 ribu jiwa atau sama dengan 7,09 persen.

“Maka peningkatan kemiskinan di tahun 2021 itu sangat signifikan,” tandasnya.

Dikatakan Kosih, garis kemiskinan atau batas kemiskinan tingkat minimum pendapatan penduduk di Kabupaten Sukabumi mengalami peningkatan dari 328.284 rupiah di tahun 2020 menjadi 342.094 rupiah di tahun 2021.

“Artinya ketika pendapatan seseorang atau pegeluaran seseorang tetap sama saja dengan tahun 2020, itu artinya orang-orang yang berada di sekitaran garis kemiskinan tentunya masuk kategori miskin sesuai kaidah statistik,” jelas Kosasih.

Kosasih menyebut, faktor penyebab naiknya angka kemiskinan di tahun 2021 ini tidak jauh dari pengaruh pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Namun menurutnya, bila dikaitkan dengan ketenagakerjaan tahun 2021 hal ini sudah mulai membaik karena banyak pelonggaran-pelonggaran yang sudah dilakukan pemerintah.

“Mulai dari vaksinasi, bantuan sosial, dan juga ada pelonggaran di sektor lain baik industri, transportasi sehingga orang sudah mudah beraktifitas maka itu angka tingkat pekerjaan meningkat di tahun 2021,” tutupnya.

Pewarta: Lison AP
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas