News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Saudi Lancarkan Serangan Balasan Kepada Houtsi

Saudi Lancarkan Serangan Balasan Kepada Houtsi

Kepulan asap pekat menyertai bola api raksasa membubung ke udara setelah fasilitas minyak Saudi di Jeddah terkena serangan Houtsi (AP Photo/Hassan Ammar).  


sukabumiNews.net, JEDDAH – Koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan operasi militer terhadap teroris syiah Houtsi di Yaman sebagai balasan atas serangan terhadap kilang minyaknya.

Dikutip dari laman AFP dan Reuters, Sabtu (26/3/2022) operasi militer ini disebut-sebut bertujuan menghentikan serangan Houtsi terhadap fasilitas minyak Saudi dan melindungi sumber energi global.

Koalisi pimpinan Saudi menyebut operasi militer ini mencakup serangan udara terhadap sumber-sumber ancaman di Sanaa dan Hudaidah.

“Operasi militer akan berlanjut hingga tujuannya tercapai,” demikian pernyataan koalisi pimpinan Saudi seperti dikutip Saudi Press Agency (SPA).

Disebutkan koalisi pimpinan Saudi bahwa operasi militer ini bertujuan ‘melindungi sumber energi global dan memastikan rantai pasokan’.

Dalam pernyataannya, koalisi pimpinan Saudi menyebut operasi militer ini masih dalam tahap awal dan Houtsi yang didukung Iran harus menanggung konsekuensi atas ‘perilaku bermusuhan’ mereka.

Media lokal Saudi sebelumnya mengutip koalisi pimpinan Saudi yang mengatakan akan ‘secara langsung berurusan dengan sumber-sumber ancaman’ dan meminta warga sipil menjauhi fasilitas minyak di kota pelabuhan Hudaidah di Yaman.

Houtsi mengklaim telah melancarkan serangan terhadap fasilitas energi Saudi pada Jumat (25/3) waktu setempat.

Koalisi pimpinan Saudi mengakui bahwa stasiun distribusi produk petroleum milik raksasa minyak Aramco di Jeddah terkena serangan. Disebutkan Saudi bahwa serangan itu memicu kebakaran pada dua tangki penyimpanan, namun tidak ada korban jiwa.

Dalam pernyataan lanjutan, Saudi menyebut telah mencegat dan menghancurkan dua drone di langit Yaman. Kedua drone itu diyakini diluncurkan menuju Saudi dari sebuah fasilitas minyak di Hudaidah, Yaman.

Koalisi pimpinan Saudi menyatakan operasi militernya akan menghindari situs-situs sipil dan menghindari collateral damage di fasilitas minyak yang menjadi target.

Secara terpisah, Al Masirah TV yang berafiliasi dengan Houtsi melaporkan bahwa pesawat-pesawat tempur koalisi pimpinan Saudi menggempur kota Hudaidah dan serangan terus berlangsung. Sementara warga setempat menuturkan kepada Reuters bahwa gempuran terjadi di dekat pelabuhan Hudaidah.

Laporan Al Masirah TV juga menyebut koalisi pimpinan Saudi menyerang pelabuhan Salif, perusahaan listrik, dan fasilitas minyak di Hudaidah. Warga lokal di Sanaa menuturkan kepada Reuters bahwa gedung administratif perusahaan minyak Safer di selatan kota itu telah digempur.

Red*/Arrahmah
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas