News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sejak Dilantik, Kadinkes Asahan Tidak Pernah Tau Soal Dugaan Pemotongan Insentif Nakes

Sejak Dilantik, Kadinkes Asahan Tidak Pernah Tau Soal Dugaan Pemotongan Insentif Nakes

Kantor Dinas Kesehatan Asahan.

sukabumiNews.net, ASAHAN (SUMUT) – Terkait dugaan pemotongan dana insentif Nakes di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Asahan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Asahan,
 dr Nanang Fitra Aulia, sejak dilantik tidak pernah mengetahui soal adanya dugaan pemotongan Insentif nakes.

Selain dana insentif Nakes, dia juga mengaku tidak mengetahui soal adanya dugaan pemotongan Jasa pelayanan kesehatan (Jaspel) BPJS, maupun dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di sejumlah Puskesmas.

Hal itu ditegaskan Nanang kepada sukabumiNews.net di Asahan saat dikonfirmasi terkait kasus tersebut melalui Whats-App (WA) pribadinya, Selasa (9/2/2022).

Dikatakan Nanang, semua kasus ini juga sedang dipelajarinya lebih lanjut. “Intinya akan saya pelajari dahulu lebih lanjut, dan sesegera mungkin akan kami tuntaskan masalah ini,” kata Nanang

Di lain pihak, Seksi Pelayanan Kesehatan Primer (Yankes Primer) Dinkes Kabupaten Hidayat saat dikonfirmasi terkait kasus dugaan pemotongan Jaspel BPJS, Jampersal dan dana BOK di sejumlah Nakes, saat dikonformasi juga membantah pemotongan dana Jaspel BPJS tersebut.

“Mengenai Bantuan Operasional Kesehatan (BOK ) di Dinkes Asahan bukan bidang saya. Dan jasa pelayanan BPJS, setahu saya tidak pernah dipotong. Urusan administrasi BPJS ada di seksi Yankes Primer, seksi khusus tak ada,” terangnya.

Selanjutnya, Hidayat juga menceritakan kronologis pencairan dana tersebut. Menurutnya, uang Jaspel masuk ke rekening Puskesmas per bulan.

“Kemudian Kapuskesmas dan bendahara Puskesmas membayarkan ke pegawai pakai transfer ke rekening masing-masing. Maka saya tidak pernah tau dipotong atau tidak. Kalaupun ada berarti Kapuskesmas dan bendaharanya yang tau,” sebutnya.

“Kalau di Dinas tidak pernah pak, kata pejabat di Dinkes Asahan itu sejak menjabat sebagai Seksi Pelayanan Kesehatan Primer (Yankes Primer) tahun 2018.” Kilahnya.

Sementara, sejumlah Nakes di beberapa Puskesmas mengaku adanya dugaan pemotongan insentif Nakes, Jaspel dan dana BOK.

“Terkait kasus ini, kami (red-para Nakes) telah diperiksa oleh pihak Kejaksaan Negeri Asahan,” kata para nakes itu.

Terkait pemeriksaan sejumlah Nakes di Kejaksaan, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Asahan Josron Malau, SH, saat dikonfirmasi sejak Senin (8/2) melalui WhatsApp-nya belum memberikan tanggapan.

BACA Juga: Dugaan Korupsi Pemotongan Dana Insentif Nakes Diperiksa Kejari Asahan

Pewarta: ZN
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas