News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dessy Susilawati Sebut Pengangguran di Sukabumi Didominasi Lulusan SMK, Ini Penyebabnya

Dessy Susilawati Sebut Pengangguran di Sukabumi Didominasi Lulusan SMK, Ini Penyebabnya

Anggota DDPD Provinsi Jabar Fraksi PAN, Dessy Susilawati.

sukabumiNews.net, GUNUNGPUYUH – Anggota komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Dessy Susilawati mengatakan, saat ini pengguran paling banyak didominasi oleh lulusan SMK.

Selain itu, banyaknya perusahaan atau pabrik-pabrik yang gulung tikar lantaran pandemi, juga merupakan salah satu penyebab dari naiknya angka pengangguran di Sukabumi.

Hal tersebut diungkapkan Dessy kepada sukabumiNews ditemui usai kegiatan sosialisasi Perda nomor 13 Tahun 2013 tentang Penyetaraan Modal Provinsi Jabar, bertempat di SMP IT Hayatan Thaiyyibah, Jalan Karamat, Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jumat (4/2/2022).

Untuk itu Dessy berpesan kepada pengelola SMK atau pendidik, agar lebih fokus pada pematangan keahlian yang mereka miliki. Karena menurutnya, dengan memiliki keahlian, mereka (para lulusan SMK) bisa berdikari dengan membuat usaha sendiri.

"Tinggal bagaimana nanti pemerintah memberi peluang kepada mereka supaya bisa mendapatkan permodalan," jelas Dessy.

Akan tetapi, tambah Dessy, di zaman IT saat ini, kemampuan berusaha tidak selalu ditentukan oleh modal materi, tetapi oleh kemampuan intelektual. "Makanya dalam hal ini, kami berusaha meningkatkan jiwa entrepreneur," ucapnya.

Kendati begitu, kata Dessy, dirinya akan terus mendorong eksekutif untuk menciptakan formulasi agar penganguran di Sukabumi bisa berkurang dengan memaksimalkan peluang kerja yang tersedia.

"Lulusan SMK ini ke depan harus mampu menunjukan keahlian yang mereka dapatkan dari sekolahnya," ucap Dessy.

Dessy memandang, sudah seharusnya lulusan SMK maupun perguruan tinggi menyikapi kondisi ini dengan pembekalan kompetensi unggulan bagi yang akan lulus.

Politisi PAN ini berharap, dengan pembekalan ketrampilan tambahan ini bisa memperpendek waktu yang diperlukan seorang lulusan perguruan tinggi sebelum ia diterima kerja.

"Misalnya jurusan elektro adakan kerjasama dengan lembaga dalam pemasangan instalasi listrik. Di samping memang peningkatan softskill dan peningkatan jiwa entreprenuer," tutupnya.

BACA juga: Waduh! Tingkat Pengangguran Paling Tinggi di Kabupaten Sukabumi Lulusan SMK

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas