News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tumbuhkan Nilai & Kekuatan Bangsa, H.A. Sopyan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Ciemas

Tumbuhkan Nilai & Kekuatan Bangsa, H.A. Sopyan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Ciemas

H.A. Sopyan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas.

sukabumiNews.net, CIEMAS – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) H.A. Sopyan melaksanakan kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Kampung Cikole, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jum’at  21 Januari 2022.

Acara sosialisasi yang mengangkat tema "Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara" itu dihadiri aparat desa dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, H.A. Sopyan menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga negara Republik Indonesia pada umumnya, bagi warga negara khususnya, sebagai ujung tombak menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat.

“Empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat. Gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan,” ujar H.A. Sopyan kepada sukabumiNews.net, Sabtu (22/1/2022).

Lebih jauh H.A. Sopyan mengungkapkan kekawatirannya akan mulai hilangnya diskusi kenegaraan. Menurutnya, saat ini diskusi yang muncul adalah diskusi kepemimpinan pribadi.

"Sosialisasi dan diskusi ini sangat penting guna membangkitkan kembali semangat dan wawasan kebangsaan,” kata politisi Partai Gerindra ini.

Dengan adanya sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, H.A. Sopyan berharap, para peserta dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan. Sehingga, mampu juga menjelaskan dan menanamkam Empat Pilar Kebangsaan sejak dini.

“Minimal di lingkungan terdekat dan dalam kehidupan sehari-hari guna menanamkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang menjadi modal dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.

Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra itu juga dalam paparannya menjelaskan tentang krusialnya Empat Pilar Kebangsaan sebagai bagian terpenting dari NKRI, mengaitkannya dengan berbagai persoalan bangsa dan tantangan ke depan.

“Pancasila sudah menjadi keyakinan bangsa Indonesia sebagai dasar negara dan memayungi UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Maka, Empat Pilar Kebangsaan akan menjadi nilai dan kekuatan bangsa yang tak akan terpisahkan oleh gelombang zaman," paparnya.

Sebab, lanjut H.A. Sopyan, Empat Pilar Kebangsaan sangat lentur dengan berbagai tuntutan dan tantangan perubahan. Oleh karena itu ia berpesan kepada generasi muda-lah Empat Pilar kebangsaan ini dititipkan.

"Maka rawat dan jagalah semuanya sebagaimana kami juga telah mengawalnya dengan berbagai benturan kepentingan yang makin dahsyat," pesannya.

Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas