News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mantan Ketua KTNA Jawa Barat Sebut Program Petani Milenial Bisa Tingkatkan NTP Jabar

Mantan Ketua KTNA Jawa Barat Sebut Program Petani Milenial Bisa Tingkatkan NTP Jabar

HA Sopyan bersama Istri di kebun wortel. (Istimewa) 

sukabumiNews.net, KAB SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sedang menyeleksi ribuan calon petani muda yang akan bergabung dalam program Petani milenial Jawa Barat.

Mengutip website https://petanimilenial.jabarprov.go.id/, program petani milenial dimaksud guna mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian Jawa Barat yang memiliki inovasi, gagasan, dan kreativitas.

Melalui pemanfaatan teknologi digital, petani milenial akan menggerakkan kewirausahaan bidang agrikultur yang menjadikan wajah pertanian menjadi lebih segar dan atraktif untuk bisa berkelanjutan di Jawa Barat.

"Dicari 5.000 anak muda yang mau bela negara dengan menjadi petani 4.0. Daripada nganggur dan banyak rebahan melamun karena Covid, mending gabung aja," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya, Rabu (27/1/2021) lalu.

Terpisah, mantan ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Barat yang juga Anggota Komisi II DPRD Jabar HA Sopyan menyambut baik program tersebut.

Menurutnya, jika program ini dijalankan dengan baik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, bisa berkembang dan menjadi pengungkit pemulihan ekonomi dampak pandemi COVID-19.

"Saya minta program pertanian yang inovatif seperti Petani milenial ini, bisa meningkatkan Nilai Tukar petani (NTP) Jabar," kata H.A Sopyan kepada sukabumiNews.net, Sabtu (4/12/2021).

Menurut H.A Sopyan untuk bisa mendorong peningkatan NTP, program Petani milenial harus fokus pada dua hal. Pertama peningkatan daya saing produk pertanian melalui peningkatan kualitas produk (on farm) dan membantu mengoptimalkan pertanian di hilir (off farm).

"Pertanian kita punya banyak kapasitas dari sisi ketenagakerjaan on farm yang berpengalaman, tapi kekurangannya di off farm," jelasnya.

Karena itu, ia berharap para Petani milenial hasil seleksi yang akan diterjunkan nanti, bisa benar-benar menjadi solusi agar NTP Jabar meningkat.

"Program pemberdayaan itu punya kredo tersendiri, jalankan itu bersama dengan panduan programnya, Insya Allah akan bermanfaat bagi para petani," pungkasnya.

Pewarta: Prim RK

Editor: AM

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas