News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pejuang Oposisi Siap Gabung dalam Serangan Turki terhadap Komunis YPG di Suriah Utara

Pejuang Oposisi Siap Gabung dalam Serangan Turki terhadap Komunis YPG di Suriah Utara

Tentara Nasional Suriah/Net. 

sukabumiNews.net, AFRIN (SURIAH) – Pejuang oposisi Suriah mengatakan mereka siap untuk bergabung dengan serangan baru yang akan dilakukan oleh Turki terhadap komunis Yekîneyên Parastina Gel (YPG) Kurdi di Suriah utara, saat Ankara mengincar kampanye lain melawan kelompok yang dipandangnya sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

Turki telah melakukan tiga serangan ke Suriah sejak 2016 terhadap Komunis YPG, yang dianggap Ankara sebagai musuh karena hubungannya yang dekat dengan kelompok Komunis Kurdi yang telah melakukan pemberontakan di Turki selama beberapa dekade.

Ketegangan meningkat sejak dua polisi Turki tewas sebulan lalu dalam serangan rudal di Suriah utara yang menurut Turki dilakukan oleh YPG. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan serangan itu adalah "serangan terakhir", meskipun Ankara tidak memberikan indikasi bahwa operasi akan segera dilakukan.

Sumber oposisi mengatakan Turki baru-baru ini mengirim pasokan militer ke proksi Suriah sebagai bagian dari persiapan untuk kemungkinan tindakan, dan pejuang Suriah telah dikerahkan kembali ke daerah-daerah yang diperkirakan akan menjadi sasaran serangan baru.

"Pindah ke keadaan siap sepenuhnya sekarang hanya membutuhkan waktu singkat sebelum operasi militer diumumkan," kata Mayor Youssef Hamoud, juru bicara "Tentara Nasional Suriah" yang didukung Turki.

'Tidak Ada Langkah Mundur'

Serangan Turki sebelumnya telah didahului oleh penumpukan panjang dan pergerakan besar pasukan Turki di perbatasan, yang belum diamati kali ini.

Ankara belum berkomitmen untuk bertindak dan hanya memberikan sedikit detail tentang rencana jika keputusan diambil.

Setelah bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Roma akhir pekan lalu, Erdogan dikutip oleh media Turki mengatakan: "Ketika tiba waktunya untuk melakukan operasi, tentu saja operasi akan dilakukan. Tidak ada langkah mundur dari itu."

Seorang pejabat senior keamanan Turki mengatakan persiapan sedang dilakukan. "Operasi akan dimulai ketika semua persiapan selesai," kata pejabat itu.

Upaya Turki untuk menghancurkan YPG telah diperumit oleh hubungan YPG dengan Rusia dan Amerika Serikat, yang keduanya telah bekerja dengan YPG dan kekuatan lain yang dipimpinnya, Tentara Demokratik Suriah (SDF), selama perang Suriah.

“Kami berkoordinasi dengan Rusia mengenai masalah ini. Masalah ini sudah ditangani dengan Amerika Serikat,” kata pejabat senior keamanan Turki.

Sumber SDF mengatakan Turki telah meningkatkan serangan menggunakan drone dan artileri yang ditembakkan dari wilayah Turki yang menargetkan posisi YPG dalam dua minggu terakhir. (TNA)

Red*
Kontibutor: Elva Susanti
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas