News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sungai Alas Meluap, Puluhan Hektar Persawahan di Desa Putri Betung Terendam Banjir

Sungai Alas Meluap, Puluhan Hektar Persawahan di Desa Putri Betung Terendam Banjir

Intensitas curah hujan cukup tinggi, Sungai Alas meluap. (Foto: Amin Lingga) 

sukabumiNews.net, GAYO LUES (ACEH) – Akibat Intensitas curah hujan cukup tinggi dan deras pada Rabu (27/10/2021) semalam mengakibatkan Sungai Alas yang terletak di wilayah Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues, Aceh meluap.

Akibatnya, puluhan hektar lahan persawahan dan perkebunan milik warga di Desa Putri Betung tergerus air banjir dari luapan sungai tersebut. Sayangnya tanaman dari lahan pertanian tersebut sudah hampir dipanen pemiliknya.

Salah satu Penghulu Desa Putri Betung Thaib beserta warga lainnya kepada sukabumiNews.net, Kamis (28/10/2021) mengungkapkan, akibat peristiwa ini sejumlah petani di wilayah desanya diperkirakan akan mengalami kerugian cukup besar.

“Dengan adanya peristiwa ini kami berharap Pemkab Gayo Lues melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) agar secepatnya memberikan penanganan darurat, sebelum sungai tersebut meluap lebih luas, termasuk ke jalan desa,” harap Thalib.

Menyikapi peristiwa yang terjadi, Kabid Rekonstruksi pada BPBD Gayo Lues, Muhammad Saleh saat dikonfirmasi sukabumiNews.net melaui selulernya mengatakan, untuk sementara ini pihaknya akan melakukan pendataan dari setiap kejadian musibah banjir yang kerap terjadi belakangan ini.

“Dan apabila banjir tersebut sangan berdampak, akan diupayakan penangan darurat sambil menunggu arahan selanjutnya dari Pak Bupati,” kata Muhammad Saleh.

Dia berharap kepada masyarakat yang bermukim berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) agar berhati-hati, karena kondisi saat ini curah hujan begitu tinggi.

“Ya, karena daerah kita ini termasuk daerah pengunungan, sehingga kerap terjadi banjir dan tanah longsor,” katanya.

Pewarta: Amin Lingga
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas