News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahfud MD Ungkap Jokowi Perintah Tolak KLB Kubu Moeldoko: Meski Dia Teman Kita

Mahfud MD Ungkap Jokowi Perintah Tolak KLB Kubu Moeldoko: Meski Dia Teman Kita

Menko Polhukam Mahfud MD/Net. 

sukabumiNews.net, JAKARTA – Aktifitas politik yang menamakan diri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, ikut diperbincangkan oleh Presiden Joko Widodo bersama Kemenkumham, Yasonna Laoly dan Menkopolhukam Mahfud MD.

Mahfud mengatakan, saat itu dia menghadap Presiden terkait hasil KLB yang mengangkat Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat itu. Jokowi pun memerintahkan untuk Menkumham memutuskan KLB tersebut sesuai aturan yang berlaku.

“Kalau Istana mau masuk sebenarnya ketika Moeldoko kongres di Medan itu kita tinggal mengesahkan aja dengan kasar gitu, tapi pada waktu itu saya menghadap presiden,” kata Mahfud dalam diskusi virtual secara live, dikutip sukabumiNews.net dari FIN, Kamis (30/9/2021).

BACA Juga: Buntut Pemecatan, AHY Digugat Eks Kader Demokrat Halmahera Utara Rp5 Milyar

Mahfud MD mengatakan, dirinya bersama Yasonna Laoly menghadap Presiden dan menanyakan keputusannya.

“Saya bersama Menkumham dan Presiden, ‘Gimana nih, Pak? Hukumnya bagaimana?’ kata Pak Jokowi kepada saya. Hukumnya, Pak, ndak boleh ada muktamar seperti itu, karena muktamar itu atau kongres itu harus diminta oleh pengurus yang sah,” kata Mahfud ke Jokowi saat itu.

Mahfud MD menjelaskan ke Presiden bahwa KLB di Sibolangit, Sumatera Utara itu dilakukan tanpa izin pengurus Partai yang sah. Jokowi kemudian memerintahkan untuk tidak mengesahkan KLB tersebut.

“Ini kan mereka di luar, bukan pengurus yang sah, jadi itu ndak boleh disahkan. Kata Pak Jokowi, ‘Kalau memang begitu tegakkan saja hukum, ndak usah disahkan Pak Moeldoko meskipun dia teman kita dan punya ambisi politik’, kata Pak Jokowi,” kata Mahfud.

Mahfud kemudian menjalankan arahan Jokowi. Mahfud dan Yasonna pun mengumumkan pemerintah tak mengesahkan hasil KLB kubu Moeldoko.

“Itulah saya dan Pak Yasonna segera mengumumkan ndak bakal mengesahkan Moeldoko,” kata dia. (dal/fin).

BACA Juga: Suka Bikin Blunder, Mahfud MD Terjebak Dua Pilihan Sulit

Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas