News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua HAKLI : Kabupaten Sukabumi Sudah Deklarasikan ODF 100 Persen

Ketua HAKLI : Kabupaten Sukabumi Sudah Deklarasikan ODF 100 Persen

Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Sukabumi, Ujang Soleh saat diwawancarai sukabumiNews, Rabu (15/9/2021). - Foto: Prim RK 

sukabumiNews.net, KAB. SUKABUMI – Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Sukabumi, Ujang Soleh menyatakan, saat ini Kabupaten Sukabumi sudah mendeklarasikan ODF 100 persen.

Hal itu diakui Ujang Soleh, usai menghadiri kegiatan Presentasi mengenai aksi dan strategi percepatan keberlanjutan open defecation free (ODF) yang dilakukan secara daring di Gedung Pendopo Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021).

Dengan begitu, kata Ujang, diharapkan seluruh warga Kabupaten Sukabumi tidak ada lagi yang membuang air besar sembarangan, meski baru ke akses.

“Jadi untuk beberapa keluarga yang belum punya jamban sehat itu, bisa mengakses di setiap daerahnya. Seperti MCK umum dan lain sebagainya," kata Ujang Soleh kepada sukabumiNews, Rabu (15/9).

Menurut Ujang, keberadaan sanitasi ini sangat penting untuk menciptakan Kabupaten Sukabumi 100 persen bebas ODF. Bahkan lanjut Ujang, hal ini menjadi salah satu faktor yang akan diikut sertakan dalam perlombaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tingkat nasional.

"Tadi sudah dijelaskan bahwa peranan masyarakat itu sangat penting. Untuk itu, kesadaran masyarakat Kabupaten Sukabumi sangat dibutuhkan sebagai salah satu bentuk upaya preventif dan promotif dalam menciptakan Kabupaten Sukabumi bebas ODF," kat dia.

“Target kita sendiri status ODF sudah  punya grand desain artinya sampai Tahun 2026 nanti  diharapkan Sudah kepemilikan,” tamba Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi itu.

Jadi, lanjut dia, untuk tahun ini, masih ada beberapa yang hanya mengakses sarana sanitasi tersebut. “Tahun 2026 nanti sudah lepas dari akses, tapi semua masyarakat sudah memiliki jamban keluarga," tutupnya.

BACA Juga: Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Sukabumi, Ujang Soleh

BACA Juga: Guna Percepatan ODF Tahun 2021 Kabupaten Sukabumi Ikuti STBM Award Tingkat Nasional


Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas