News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tindaklanjuti Instruksi Bupati, Pemdes Pasirhalang Gelar Rakor Mengenai ODF

Tindaklanjuti Instruksi Bupati, Pemdes Pasirhalang Gelar Rakor Mengenai ODF

Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirhalang menggelar rakor mengenai ODF. (SUKABUMINEWSFOTO/ Prim RK) 

sukabumiNews, SUKARAJA – Pemerintah Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi (rakor) percepatan stop buang air besar sembarangan Oven Defecation free (ODF), sekaligus melakukan deklarasi.

Rakor yang diikuti oleh unsur Muspika Sukaraja, Dinas Kesehatan, pendamping desa, BPD, RT/RW dan tokoh masyarakat setempat ini berlangsung di aula Desa Pasirhalang, Rabu (31/03/21).

Kepala Desa (Kades) Pasirhalang, RM Yusuf mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yaitu dalam rangka menindaklanjuti Intruksi Bupati Sukabumi nomor 01 tahun 202, tentang percepatan stop buang air sembarangan (ODF).

Dijelaskan Yusuf bahwa berdasarkan surat edaran Bupati Sukabumi. Pemdes Pasirhalang mengesahkan peraturan desa (Perdes) tentang himbauan kepada masyarakat Pasirhalang agar tidak membuang air besar sembarangan.

“Apabila masyarakat ada yang melanggar peraturan desa tersebut maka akan dikenakan sanksi sosial,” ujar Kades Yusuf kepada sukabumiNews, Rabu.

Untuk itu, lanjut Kades, masyarakat harus turut serta dalam menertibkan jamban yang tidak sehat dilingkungan nya dengan arahan satgas ODF.

Dijelaskan Kades bahwa dalam kegiatan rakor ini Pemdes Pasirhalang juga membentuk tim Satgas ODF dan penandangan pengesahan peraturan desa (Perdes) tentang Buang Air Besar (BAB).

"Alhmdulilah, semua element masyarakat desa pasirhalang hadir dalam deklarasi ODF dan pengesahan peraturan desa tentang BAB, termasuk surat keputusan kepala desa tentang tim verifikasi ODF Desa Pasirhalang, " terang RM Yusuf.

Yusuf mengungkapkan, terkait program ODF ini memang masih ada beberapa warga masyarakatnya yang belum memiliki septic tank. “Dilain pihak saat ini kami juga masih terkendala dengan tempat lokasi dan anggarannya,” sambung Yusuf.

Disinggung masalah anggaran program ODF di tengah pandemic Covid-19, Yusuf mengaku bahwa Pemdes Pasirhalang akan berupaya menggandeng semua stick holder yang ada wilayahnya.

"Saya akan mengetuk hati para donatur, dermawan termasuk para pengusaha untuk membantu mensukseskan program ODF ini," tutupnya.

Sementara itu, petugas Kesling Puskesmas Sukaraja, Budi Imansyah mengungkapkan dengan program ODF ini, diharapkan masyarakat Pasirhalang tidak ada lagi BAB sembarangan.

"Mudah-mudahan pada saat verifikasi di Kecamatan Sukaraja, khususnya Desa Pasirhalang, benar-benar sudah layak untuk mendapatkan Kabupaten Sukabumi Sehat (KSS) untuk mencapai penghargaan ‘ Wistara 2’," harapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Kades RM Yusuf Poernama didampingi BPD Desa Pasirhalang melakukan penandatangan pengesahan Perdes ODF.


Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas