News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Taliban Kuasai Ibukota Kabul Tanpa Peperangan

Taliban Kuasai Ibukota Kabul Tanpa Peperangan


sukabumiNews.net, KABUL – Pejuang Taliban mulai memasuki ibukota Afghanistan Kabul pada hari Ahad 15/8, seperti diberitakan Reuters. Pada saat yang bersamaan Amerika Serikat mulai mengevakuasi para diplomatnya di kedutaan menggunakan helikopter.

Pejabat senior mengatakan kepada Reuters bahwa Taliban datang dari “berbagai arah”.

Akun Twitter dari Kepresidenan Afghanistan mengatakan sejumlah suara tembakan terdengar dari sekitar ibukota Kabul. Tapi pemerintah mengklaim kota Kabul masih dalam kendali.

Pejabat Amerika mengatakan bahwa para diplomatnya sudah dipindahkan menuju bandara dari kedutaan di distrik Wazir Akbar Khan.

Sementara itu, Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak menginginkan jatuhnya korban jiwa dalam pengambil alihan kekuasaan secara damai ini. Namun juga belum mendeklarasikan gencatan senjata.

Sebelum hari Ahad, para pejuang Taliban dilaporkan mulai menguasai kota-kota di sebelah timur Jalalabad. Mereka mengambil alih kota tanpa pertempuran sedikitpun. Taliban mulai mengontrol salah satu jalur utama di Afghanistan. Taliban juga sudah menguasai perbatasan Torkham yang berbatasan dwengan Pakistan.

Kini hanya bandara Kabul satu-satunya jalan keluar dari Afghanistan yang masih dipegang pemerintah Afhganistan pimpinan Ashraf Gani.

Sebuah video yang beredar memperlihatkan Taliban sedang bergembira dan melantunkan takbir Allahu Akbar. Video itu memperlihatkan konvoi kendaraan para pejuang Taliban yang membawa senjata dan bendera Tauhid.

BACA Juga: MUI: Kemenangan Taliban Adalah Perjuangan Panjang, Melelahkan dan Penuh Perjuangan

Pewarta: Panjimas
Editor: Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas