News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelatihan GRATIS 'Penggunaan Kosmetika yang Aman'

Pelatihan GRATIS 'Penggunaan Kosmetika yang Aman'

Macam-macam kosmetik (ilustrasi/ Net) 

sukabumiNews.net, BANDUNG – Kosmetika merupakan kebutuhan sekunder manusia yang nilainya bergeser menjadi kebutuhan primer dalam dinamika pergaulan sosial di tengah masyarakat, karena dinilai penting dalam membangun interaksi sosial yang saling menghormati.

Ketua Umum Perhimpunan Terapis Kecantikan Indonesia (PTKI) menjelaskan, Kosmetik pada dasarnya merupakan beberapa campuran bahan yang diaplikasikan pada anggota tubuh bagian luar yang bertujuan untuk melindungi, memperbaiki, dan menambah daya tarik agar terlihat lebih cantik dari sebelumnya.

Menurut Peraturan Kepala BPOM RI No.HK.00.05.42.1018 lanjut Dede, kosmetik merupakan setiap bahan atau sediaan yang dimaksudkan digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan oran genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, memperbaiki bau badan, melindungi, dan memelihara tubuh pada kondisi baik.

“Namun masyarakat kita masih banyak yang belum memahami konsep dasar dari kosmetika itu sendiri sehingga bisa aman dalam menggunakanya,” jelas Dede yang juga pimpinan Pusdiklat Prawita GENPPARI, dalam keterangan yang diterima sukabumiNews di Bandung, Sabtu (14/8/2021).

Dede juga menjelaskan bahwa bahan kimia tertentu yang terkandung dalam kosmetik memiliki resiko, sehingga penting bagi masyarakat untuk mengetahui kandungan bahan kimia dalam kosmetik serta efek sampingnya. Kontak kosmetik dengan kulit dapat menimbulkan efek positif terhadap kulit serta efek negatif terhadap kulit berupa efek samping kosmetik terhadap kulit.

“Oleh karena itu Pusdiklat Prawita GENPPARI memandang penting untuk menyelenggarakan pelatihan “KONSEP DASAR DAN PENGGUNAAN KOSMETIKA YANG AMAN” secara GRATIS dalam rangka mengedukasi masyarakat agar tahu dan memahami konsep kosmetika secara benar,” kata Dede.

Dia juga mengatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan membekali peserta agar memahami penggunaan kosmetika untuk menambah rasa percaya diri, meningkatkan daya tarik, serta merawat dan melindungi dari faktor lingkungan yang berbahaya.

Dan hampir semua penyelenggaraan pelatihan yang dilakukan oleh Pusdiklat Prawita GENPPARI yang berpusat di Bandung ini, lanjut Dede, diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara gratis.

“Meskipun tanpa bantuan pembiayaan dari Pemerintah, alhamdulillah semua program-program selama ini berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Adapun subjek materi yang akan dibahas dalam pelatihan bertema “Tampil Cantik Secara Alami, Sehat dan Aman” ini, meliputi :

  • Pengertian dan Sejarah Kosmetika
  • Kosmetika dan Kosmedik
  • Penggolongan dan Persyaratan Kosmetik.Kosmetik Perona Pipi
  • Kosmetik Lipstik.Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik (Merkuri, Rhodamin B, dll)
  • Tampil Cantik Alami, Sehat dan Aman.

Sementara kata Dede, terkait dengan waktu dan tempat penyelenggaraan, rencananya (jika situasi memungkinkan) akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 20 Agustus 2021 pukul 13.30 s/d selesai, di RUMPPI Bandung.

“Kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut seputar pelatihan ini, bisa menghubunginya di nomor-nomor sebagai berikut,” pungkas Dede.

Adapun nomor-nomor contatc person yang dapat dihubungi yaitu Ibu Nuni : 0813-8330-7997, Ibu Lilis : 0813-1253-5153, Ibu Nia : 0882-1864-5975, Ibu Ines : 0813-2498-5928.

Pewarta: Novi Gumilar
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas