News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bumdes Bantargebang Lakukan Kunjugan Studi Tiru ke Desa Sukaraja

Bumdes Bantargebang Lakukan Kunjugan Studi Tiru ke Desa Sukaraja

Bumdes Bantargebang saat melkukan kunjugan Studi Tiru ke Desa Sukaraja

sukabumiNews.net, SUKARAJA – Bandan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bantargebang Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi  melakukan kunjungan Benchmarking ke Bumdes Raja Putra Mandiri Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi pada Rabu (25/8/2021).

Kegiatan dalam rangka Benchmarking atau studi tiru yang dilakukan BUMDES Bantargebang adalah salah satu upayanya untuk meningkatkan produktivitas usaha perekonomian masyarakat di desanya.

“Selain itu, agenda kunjungan yang rencanaya dilakukan selama 3 hari ini juga  bertujuan untuk menyerap ilmu dari Desa Sukaraja sebagai upaya meningkatkan produktivitas perkonomian masyarakat, diantaranya memahami cara memetakan aset desa, serta strategi pengembangan untuk mencapai desa mandiri, cara menginisiasi, mendirikan menentukan jenis usaha dan mengembangkan Bumdes sebagai lembaga usaha milik desa,” terang Kepala Desa Bantargebang Dedi Mulyadi kepada sukabumiNews usai acara pembukaan Benchmarking yang berlangsung di aula desa, Rabu (25/8).

Kepala  Desa Bantargebang Dedi Mulyadi. 

“Kemudian juga memahami menejement Bumdes dan cara pengelolaanya agar mampu merancang desain strategi pengembangan Bumdes serta untuk menambah wawasan dengan cara bertukar pikiran antar desa,” beber Dedi.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan dalam agenda kunjungannya itu, bumdes desa Bantar gebang akan melakukan studi lapang dengan mengunjungi beberapa tempat yang ada di wilayah desa Sukaraja.

"Kami rencana lakukan kunjungan ke sekertariat dan rumah produksi bumdes untuk melihat langsung proses budidaya jamur tiram, melakukan kunjungan ke UKM-UKM  binaan Desa Sukaraja, dan terakhir melalakukan kunjungan ke lokasi perternakan kelinci," tuturnya.

Dedi adanya kegiatan ini tentunya akan memberikan pengenalan perencanaan  desa berbasis aset dan potensi yang mampu membangun desa, serta memberikan pemahaman  tentang prosudur pengelolaan  Bumdes, mengembangkan kreativitas wirausaha dalam mengembangkan Bumdes dan UMKM di desa, serta mengenalkan keragaman usaha  BUMDES yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kami berharap hasil study tiru ini dapat memberikan manfaat bagi Bumdes Bantargebang," tandasnya.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Sukaraja, Ratu Badrijawati. 

Ditempat yang sama, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Sukaraja, Ratu Badrijawati mengapresiasi apa yang dilakukan Bumdes Bantargadung dalam kegiatan kunjungannya untuk melakukan studi tiru ke Bumdes Sukaraja.

"Alhamdulilah, hari ini, saya sangat senang karena Bumdes Raja Putra Mandiri Desa Sukaraja bisa dijadikan studi tiru oleh Bumdes lain mengenai sistem penggelolaan administrasi dan pelaksanaannya,” ucap Ratu Badrijawati.

Dan kami berharap, mudah mudahan study tiru ini dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk desa Bantargebang, tapi untuk semuanya," katanya.

Hadir dalam kegiatan kujungan tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi, Forkopimcam Sukaraja, Kepala Desa Sukaraja beserta jajaran aparat desanya.

BACA Juga: DPMD Tanggapi Kunjungan Benchmarking Bumdes Bantargebang ke Desa Sukaraja


Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas