News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tanah Tebing Setinggi 15 Meter Longsor, Akses Jalan Menuju Kadudampit Tertutup

Tanah Tebing Setinggi 15 Meter Longsor, Akses Jalan Menuju Kadudampit Tertutup

Petugas BPBD dibantu Relawan menggunakan alat berat membersihkan material longsoranh tebing di Parung Seah, Kecamatan Sukabumi, Kamis (3/6/2021) 

sukabumiNews.net, SUKABUMI – Longsor tanah tebing setinggi 15 meter yang terjadi di Kampung Cipeuncit Desa Parung Seah Kecamatan Sukabumi pada Rabu (2/6/2021) kemarin mengakibatkan tertutupnya akses jalan menuju ke Desa Kadudampit.

Akibatnya, kendaraan roda 4 dan roda dua beserta warga, hingga hari Kamis (3/6/2021) pukul 12 .00 Wib tidak bisa melintasi jalan tersebut.

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Beki Supriyatna mengatakan, Bencana longsor tebing terjadi pukul 14.00 Wib kemarin diduga akibat curah hujan yang cukup tinggi di sekitar wilayah Kota Sukabumi dan Kadudampit.

"Untuk ketinggian tebing yang longsor ini diperkirakan sekitar 15 meter dengan kemiringan hampir 75 derajat. Dan kalau di lihat dari jalan memang ini rawan longsor dan kultur tanah relatif lentur," terang Beki kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (3/6/2021).

Dikatakan Beki pihaknya menerjunkan hampir 10 personil, dengan menggunakan alat berat untuk membersihkan material longsor.

Selain itu, dengan dibantu relawan dan komunitas masyarakat, juga plt Sekertaris BPBD sejak semalam, BPD terus berupaya membantu membersihkan material longsor.

Beki menambahkan, longsor tersebut juga mengakibatkan rumah-rumah yang berada di atas tebing terancam tergerus, sehingga terpaksa dievakusi ke sanak saudara terdekat.

"Rumah di atas lumayan banyak, karena ini memang wilayah padat penduduk. Selain rumah warga, di atas tebing  juga terdapat bangunan sekolah, yayasan Yaspida yang mungkin penghuninya lebih banyak," tambahnya.

Adapun kata Beki, proses pengerjaan pemebersihan material longsor dimuali sejak jam 21.00 Wib semalam.

Meski sempat dihentikan, karena kesulitan lantaran diguyur hujan serta banyaknya akar akar pohon bambu, Namun terang Beki, BPBD terus berupaya untuk membersihkan material longsor, agar jalan bisa dilaui oleh kendaraan.

“Alhamdulilah pada Kamis hari ini jalan bisa dilewati kembali oleh kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4,” pungkasnya.

Herher
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas