News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Miris, Kematian Anak Akibat Covid-19 Indonesia Tertinggi Sedunia

Miris, Kematian Anak Akibat Covid-19 Indonesia Tertinggi Sedunia

Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien suspect virus corona atau Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Selasa (31/3/2020). (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) 

sukabumiNews.net, JAKARTA – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan kasus kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia merupakan yang terbanyak di seluruh dunia.

Ketua IDAI, Aman Pulungan menuturkan proporsi kasus Covid-19 pada anak berkisar 12,5%. Proporsi tersebut sekaligus menunjukan bahwa 1 dari 8 kasus konfirmasi Covid-19 terjadi pada anak.

Dari jumlah tersebut, angka fatalitas (case fatality rate) berkisar 3% hingga 5% dari total kasus Covid-19 pada anak.

“Dari seluruh anak yang meninggal itu, 50% adalah balita,” kata Aman seperti dilansir dari Ayosemarang.com, Ahad, (20/6/2021).

IDAI meminta agar seluruh kegiatan yang melibatkan anak dilaksanakan secara daring untuk saat ini, termasuk rencana pemerintah untuk melaksanakan sekolah tatap muka terbatas.

Aman mengatakan IDAI mendukung pelaksanaan sekolah tatap muka apabila ‘positivity rate’ dari kasus Covid-19 di Indonesia di bawah 5%.

Sedangkan berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Jumat, ‘positivity rate’ Indonesia berkisar 28,51%.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya telah menghentikan sementara uji coba sekolah tatap muka sebagai respons atas melonjaknnya kasus Covid-19 pasca-libur Idulfitri.

Jakarta mencatat rekor kasus harian tertinggi selama pandemi sebanyak 4.737 kasus, setelah pada Kamis juga melaporkan 4.144 kasus.

Dinas Kesehatan Jakarta menyatakan tren kasus Covid-19 pada anak terus meningkat.

Dari total kasus yang dikonfirmasi pada Kamis, sebanyak 661 kasus atau 16 persen di antaranya merupakan anak berusia 0-18 tahun.

Sementara itu, ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban menegaskan pemerintah harus terapkan lockdown.

GenPI
Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas