News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Reses II: Agung Nugraha Prioritaskan Pemberdayaan Ketimbang Pembangunan

Reses II: Agung Nugraha Prioritaskan Pemberdayaan Ketimbang Pembangunan


sukabumiNews.net, CIBADAK – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi dari fraksi Partai Demokrat, Agung Nugraha melaksanakan reses II (ke-2) di dapil 3, tepatnya di Desa Sukasirna Kecamatan Cibadak, Rabu (5/5/2021).

Selain dihadiri oleh masyarakat dan tokoh setempat, turut dalam kegiatan reses tersebut, Perwakilan dari Kecamatan Cibadak dan Kepala Desa (Kades) Sukasirna.

Dalam resesnya Agung Nugraha menerima aspirasi mengenai bidang pemberdayaan ekonomi, agar masyarakat bisa berdikari.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang diinginkan oleh masyarakat Desa Sukasirna terkait pemberdayaan ekonomi tersebut, karena ini sejalan dengan visi Sukabumi yang mandiri,” ucap Agung kepada sukabumiNews, Rabu (5/5/2021).

Menurut Agung, jika masyarakat sudah mampu diberdayakan untuk peningkatan ekonomi, maka pembangunan fisik atau infrastruktur di sekitarnya pun tidak akan sulit karena mereka akan mau dan bisa bergotong royong demi kemajuan desanya.

Mengenai masalah infrastruktur ini, kata Agung, tanpa diusulkan oleh masyarakat pun sudah menjadi kewajiban mutlak dari pemerintah daerah untuk mengusahannya.

“Dalam hal ini bisa melalui pemerintah desa yang dimasukan RPJMdes melalui Musrembangdes dengan anggaran Dana Desa. Atau dana bantuan provinsi dan APBD Kabupaten yang secara tidak langsung legislatif pasti membahasnya,” terang Agung.

“Intinya, pembangunan tanpa diusulkan di reses juga selama ada sinergitas dari desa dan kecamatan, maka akan terealisasi juga,” tandasnya.

Dikatakan Agung bahwa selain sebagai sebagai anggota komisi III yang focus membidangi perekonomian, dalam momen resesnya, Agung berharap banyak usulan pemberdayaan seperti pelatihan dan pendampingan usaha.

Walaupun kondisi keuangan negara sedang terhambat covid-19, tambah Agung, namun setidaknya ada ihtiar usulan yang diperjuangkan.

Hal senada di perkuat oleh Kepala Desa (Kades) Sukasirna, Deni Riswandi, yang mengeluhkan kondisi infrastruktur di desanya. Deni Riswandi mengungkapkan bahwa dalam masa sekarang, jika pembangunan dibiayai oleh APBDES rasanya sangat berat, karena anggatan negara saat ini sedang fokus pada penanggulangan covid-19.

Untuk mengatasi hal ini, kata dia, sangat diperlukan gotong royong warga sebagaimana jati diri bangsa. “Tapi jika kondisi ekonomi masyarakat belum mandiri, ya akan sulit juga. Jangankan pembangunan, untuk kesehatan juga akan sulit,” tegasnya.

Oleh karena itu, dengan kedatangan anggota komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi ini, Kades Sukasirna sangat berharap masukan dari Agung yang lebih mengutamakan mendorong perbanyak usulan pemberdyaan.

“Karena memang pemberdayaan akan menjawab beberapa permasalahan seperti kesehatan dan sosial lainnya,” pungkas Kades Sukasirna, Deni Riswandi.


Ikuti Facebook @sukabumiNewsnet | Twitter @sukabumiNewsnet | Instagram @sukabuminews | 
Grup Facebook: @sukabuminewsmultimedia

Pewarta: Abdullah Mujib
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas