News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemda Asahan Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Sawit Melalui Program Peremajaan Sawit Rakyat

Pemda Asahan Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Sawit Melalui Program Peremajaan Sawit Rakyat

Bupati Asahan H Surya, didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar saat tanam perdana kemitraan memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat anatara PT BSP Tbk dengan Gapoktan Sinar Lestari, Senin (19/4/2021).

sukabumiNews, ASAHAN (SUMUT) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Asahan akan terus melaksanakan upaya peningkatan produksi kelapa sawit melalui program peremajaan sawit rakyat.

Demikian itu diungkapkan Bupati Asahan H. Surya kepada wartawan saat melaksanakan kegiatan penanaman perdana peremajaan kelapa sawit hasil kerjasama kemitraan antara PT Bakrie Sumatera Plantation (BSP) Tbk, dengan Gapoktan Sinar Lestari Dusun IV Desa Sionggang Kecamatan Buntu Pane, Senin (19/4/2021).

Peremajaan sawit rakyat itu dilakukan Bupati Surya bersama Wakil Bupati Taufik, Direktur ASD PT BSP dan Pimpinan PT BSP, disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Kepala Desa se-Kecamatan Buntu Pane, dan Ketua Gapoktan.

"Surya berharap melalui program peremajaan sawit rakyat yang dilaksanakannya seperti sekarang ini produksi sawit rakyat dapat meningkat," ucap Surya.

Namun kata Surya, untuk mewujudkan hal ini, tentunya masih banyak menemui tantangan dan kendala. "Pada kesempatan ini saya sampaikan kepada bapak/ibu para petani, program replanting atau peremajaan sawit ini banyak tantangannya dan membutuhkan kesabaran serta perjuangan bagi para petani sawit,” ujar Surya.

Tantangan yang merupakan faktor penghambat tersebut, kata Surya, di antaranya usia kelapa sawit yang sudah memasuki replanting, bibit yang tidak bersertifikat serta pola budidaya kelapa sawit yang belum memenuhi syarat standar perkebunan kelapa sawit.

“Namun tantangan tersebut akan bisa dihadapi, apabila dilaksanakan dengan kerjasama oleh semua pihak khususnya perusahaan perkebunan yang ada di Asahan dengan masyarakat melalui kelembagaan tani maka akan dirasakan hasil yang lebih baik lagi,” kata Surya.

Sebagai Kepala Daerah yang peduli dengan masyarakat tani, lanjut Surya, dirinya akan tetap memberikan dukungan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggandeng pihak swasta sebagai mitra Pemerintah dan juga Perbankan sebagai bentuk upaya untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

Surya mengaku, dalam hal ini memang masih terkendala dengan kekurangan alat mesin pertanian yang modern disebabkan keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Daerah.

“Untuk itu kami minta Kepala Dinas Pertanian untuk terus melakukan komunikasi ke Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi ataupun langsung ke Kementerian Pertanian agar mengusulkan seluruh kebutuhan petani sehingga kedepan kita akan mampu mewujudkan kemandirian ekonomi,” tegasnya.

Pewarta: ZN

Editor: Red

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas