News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Resmikan KPD dan Kampung KB, Wabup Sukabumi Ajak Warga Donor Darah Minimal 3 Bulan Sekali

Resmikan KPD dan Kampung KB, Wabup Sukabumi Ajak Warga Donor Darah Minimal 3 Bulan Sekali

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri meresmikan Kampung Pendonor Darah (KPD) dan Kampung KB di Kp. Cimuncang, Rabu (10/3/2021) 

sukabumiNews, KEBONPEDES – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri acara Lounching Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Kampung Pendonor Darah (KPD) di Kampung Cimuncang Desa/Kec Kebonpedes Kabupaten Sukabumi pada Rabu (10/03/21).

Dalam kesempatan itu Iyos Somantri menyampaikan apresiasi atas terobasan dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Kebonpedes dengan diluncurkannya Kampung KB dan Kampung Pendonor Darah tersebut.

"Ke depan, kita dorong masyarakat untuk berdonor darah minimal 3 bulan sekali ini sangat baik untuk membantu yang membutuhkannya kita yakin memberikan darah ini sangat baik untuk kemanusiaan," jelas Iyos kepada sukabumiNews, Rabu.

Lebih lanjut Wabup Sukabumi Itu menekankan, delapan fungsi keluarga juga harus ditanamkan di masyarakat. Dengan adanya kampung KB,  sepatutnya meningkatkan gotong royong dan kepedulian sosial.


Sementara itu, Camat Kebonpedes yang sekaligus inisiator dan pendiri Kampung Pendonor Darah (KPD), Ali Iskandar mengatakan bahwa Kampung KB dan Kampung Pendonor Darah merupakan inovasi yang dikembangkan Kecamatan Kebonpedes atas dasar aspirasi masyarakat, yang tentunya sangat bermanfaat.

"Dukungan masyarakat sangat tinggi, terbukti sudah terbentuk 16 Kampung Pendonor Darah yang tersebar di 5 desa. Salah satunya di Desa Kebonpedes yang berlokasi di Cimuncang, tak hanya itu di sini juga didaulat sebagai  kampung KB Pantes Pisan," ungkapnya.

Selain itu, Camat kebonpedes juga mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan demi terlaksananya keinginan warga, menanamkan dan menumbuh suburkan keswadayaan warga di bidang kemanusian, yaitu meyumbangan darahnya untuk kemanusian. Karena beberapa tetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi orang lain.

“Bukti nyata bisa diperlihatkan pada pimpinan pemerintah daerah yang hadir yaitu Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri pada acara kegiatan donor darah ini,” Terang Ali Iskandar.

Camat Kebonpedes itu juga menambahkan bahwa kegiatan donor selain bermanfaat untuk menyelamanatkan nyawa orang lain juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor sendiri.

"Kegiatan hari ini, pencanangan sekaligus menguatkan ikhtiar kita berkaitan gerakan donor darah, mulai dari donor darah dari layanan saurang, sabumi, maparin getih (Sabumimatih), keberlangsungan kegiatan Kampung Pendonor Darah yang sudah satu tahun berjalan dan sudah mendapat 460 kantong darah, dari pendonor di seluruh wilayah Kecamatan Kebonpedes,” bebernya.

Kegiatan ini juga kata Ali, diintegrasikan dengan persemian KKB (Kampung Keluarga Berkualitas) Pantes Pisan yang mempunyai delapan fungsi yang terdiri dari fungsi agama, fungsi perlindungan, fungsi kasih sayang, fungsi ekonomi dan lain-lain.

“Contoh salah satu fungsi yaitu kasih sayang itu dalah dengan mendonorkan darah merupakan suatu simbiosis yang saling menguatkan yang terdiri dari kader yang bergerak di lapangan, kader pembina memberikan pengayoman, ada juga kader di wilayah Kampung Pendonor Darah (KPD),” pungkasnya.

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas