News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KPD Kebonpedes Siap Penuhi 30 Persen Kebutuhan Darah Kabupaten Sukabumi

KPD Kebonpedes Siap Penuhi 30 Persen Kebutuhan Darah Kabupaten Sukabumi

KPD Kebonpedes Siap Penuhi 30 Persen Kebutuhan Darah Kabupaten Sukabumi. 

SUKABUMINEWS, KEBONPEDES – Pemerintah Kecamatan Kebonpedes menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi.

Rakor tersebut digelar dalam rangka dalam rangka meninjaklanjuti Pencanangan 16  Kampung Pendonor Darah (KPD) yang berada 5 Wilayah Kecamatan Kebonpedes oleh Wakil bupati Sukabumi Iyos Somantri.

Dalam rakor tersebut, Kecamatan Kecamatan Kebonpedes menyerahkan 538 data calon pendonor darah kepada unit transfusi darah ( UTD) PMI Kabupaten Sukabumi.

Plh Kepala UTD PMI Kabupaten Sukabumi, dr Eli Sopiani mengatakan, dirinya sangat gembira atas inovasi yang dilakukan oleh kecamatan Kebonpedes dalam rangka memenuhi kebutuhan darah di kabupaten Sukabumi.

Dari 5 desa diwilayah Kecamatan Kebonpedes rata- rata 3 kampung yang diambil simple. Diketahui, ada 4 kampung di 16 KPD yang datanya telah siap menjadi calon pendonor darah.

"Kami menyambut gembira, kita (PMI) telah menjadwalkan dari mulai Sabtu, Minggu tanggal 3 April 2021. Adapun untuk pelaksanaan mobile unit PMI akan menurunkan 2 tim dengan sistem 2 shif pagi dan siang," kata Eli kepada sukabumiNews di lokasi kegiatan.

Disinggung soal kebutuhan darah warga Kabupaten Sukabumi, Eli menyebut kebutuhan PMI Kabupaten Sukabumi rata-rata sekitar 300 labu darah atau 30 persen kebutuhan darah setiap bulannya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kata Eli, PMI Kabupaten Sukabumi terpaksa berkoordinasi dengan PMI wilayah lain untuk dapat mengcover kekurangan.

"Kita hampir membutuhkan darah 1000 labu setiap bulan-nya. Sementara dari hasil mobile unit PMI ke lapangan baru sekitar 700, jadi selalu kurang setiap bulannya," ucapnya.

Dengan data pendonor yang dimiliki Kecamatan Kebonpedes, Eli berharap kekurangan 30 persen darah warga Kabupaten Sukabumi dapat terpenuhi.

Sementara itu Camat Kebonpedes, Ali Iskandar mengaku siap memenuhi kebutuhan 30 persen tersebut, mengingat potensi pendonor darah di Kecamatan Kebonpedes melebihi 300 labu.

"Ini sebuah kebanggaan yang tiada tara, bahkan kebanggaan ini selanjutnya akan kita transformasikan kepada setiap warga, baik yang terlibat (donor) maupun yang belum bisa terlibat," kata Ali.

Ini juga, kata Ali, harus terus dipelihara agar kemanfaatannya bisa berkesinambungan dan tidak berhenti.

"Semoga (donor darah) ini langgeng menjadi program pemberdayaan yang abadi di kecamatan Kebonpedes. Mudah-mudahan dimudahkan, insyaAllah kita bisa mensupport 30 persen kebutuhan darah warga Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas