News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kejagung Bantah Perintahan Kuasa Hukum Rizieq Shihab Dilarang Masuk Ruang Sidang

Kejagung Bantah Perintahan Kuasa Hukum Rizieq Shihab Dilarang Masuk Ruang Sidang

Tim penasihat hukum Rizieq Shihab berdebat dengan aparat lantaran tidak diperbolehkan memasuki ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur. (Foto: Screenshot) 

SUKABUMINEWS, JAKARTA – Kejaksaan Agung membantah tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab (HRS) dilarang masuk ke dalam persidangan atas perintah jaksa.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezen Simanjuntak mengatakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak memiliki wewenang untuk menyulitkan pihak yang berperkara untuk hadir di persidangan.

"Menanggapi pemberitaan di beberapa media yang menyatakan bahwa pengacara terdakwa Rizieq Shihab yang dilarang masuk oleh polisi atas perintah jaksa, hal tersebut tidak benar karena tim JPU tidak memiliki kompetensi dan kewenangan di lingkungan pengadilan," ujar Leonard melalui keterangan tertulis pada Jumat, 19 Maret 2021.

Dalam sidang Rizieq Shihab yang digelar hari ini, 19 Maret 2021, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, tim penasihat hukum Rizieq Shihab dihadang aparat kepolisian dan tidak diperkenankan memasuki ruang sidang.

Mereka diadang anggota polisi yang berjaga di depan gerbang masuk pengadilan. Menurut penuturan salah seorang pengacara Rizieq, Kurnia, anggota polisi yang menghadang pihaknya berdasarkan perintah jaksa penuntut umum.

BACA: Pengacara Rizieq Shihab Diadang Aparat Dilarang Masuk Ruang Sidang

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menyatakan bahwa aturan siapa saja yang diperkenankan hadir di persidangan sudah menjadi ketentuan majelis hakim.

Sedangkan Polri, kata Rusdi, hanya bertugas mengamankan jalannya persidangan. "Polri hanya mengamankan bagaimana mekanisme persidangan berjalan itu. Itu sudah ada pihak yang bertanggung jawab. Ada hakim, ada jaksa," kata dia.

Lihat Video: Pengacara Rizieq Shihab Diadang Aparat Dilarang Masuk Ruang Sidang

Editor: Red*
Sumber: TEMPO.CO
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas