News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Persatuan Seniman Batak Bekasi akan Gelar Pagelaran Seni Budaya Batak di TMII

Persatuan Seniman Batak Bekasi akan Gelar Pagelaran Seni Budaya Batak di TMII

Ilustrasi: Pagelaran Seni Budaya Batak. (Foto: Dok. humastobasa)  

sukabumiNews.net, BEKASI – Persatuan Seniman Batak Bekasi (PSBB) berencana akan mengadakan Pagelaran Seni Budaya Batak Lima Puak di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur pada akhir Januari 2021 mendatang.

 

Hal ini dikatakan Ketua Umum Persatuan Seniman Batak Bekasi Fissa Manurung di Beskem PSBB Lapo Seniman Cibitung Kabupaten Bekasi usai menggelar latihan persiapan, Senin (21/12/2020).

 

"Di bawah naungan perkumpulan Persatuan Seniman Batak Bekasi dan dukungan seluruh anggota, kita berharap acara ini nantinya dapat berjalan sesuai rencana," ucap Fissa Manurung.

 

Ditambahkan Fissa, di era kemajuan teknologi dan pengaruh budaya luar, budaya Batak kurang diminati kaum muda, padahal kata dia, budaya Batak itu sendiri sangat dikagumi oleh Negara-negara lain.

 

“Banyak generasi muda Batak yang kurang peduli lagi terhadap budayanya sendiri, untuk itulah PSBB bertekad untuk mengenalkan budaya Batak kepada kaum millenial melalui pagelaran seni, vestival dan pelatihan,” terang Fissa.

 

Fissa berharap bahwa generasi muda Batak peduli dengan budayanya sendiri dan bertanggung jawab untuk melestarikannya.

 

Menambung apa yang dikatakan Fissa, Natanael Purba selaku wakil ketua menambahkan, peran kaum milenial sangat dibutuhkan untuk melestarikan, mempertahankan serta  memperkenalkan budaya Batak kepada suku-suku lainnya.

 

"PSBB akan mendorong kaum milenial untuk lebih mencintai budaya Batak agar budaya Batak tidak punah dan tergerus oleh pengaruh budaya luar ,maka dalam hal ini PSBB akan mengadakan pelatihan kepada anak usia sekolah dasar," ucapnya.

 

Natanael Purba berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga acara pagelaran seni budaya Batak Lima Puak yang direncakan pada akhir Januari tahun 2021 itu bisa terlaksana. “Kita akan segera membentuk tim panitia," imbuhnya. 

 

Adapun acara yang akan digelar yaitu tarian (Tor- Tor) Batak Toba, Batak Simalungun , Batak Karo Batak Pakpak, Batak Mandailing serta lagu dan peragaan busana adat dari lima Puak.

 

Kontributor: Tamson Sagala/Paris Purba

Editor: AM/FPRN

Copyright © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas