News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

40 Pelaku Usaha di Kabupaten Asahan Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Produktif

40 Pelaku Usaha di Kabupaten Asahan Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Produktif

40 Pelaku Usaha di Kabupaten Asahan Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Produktif. (Foto: sukabumiNews/ZN)

sukabumiNews.net, ASAHAN – Sebanyak 40 orang calon pelaku usaha di Kabupaten Asahan Sumatra Utara (Sumut) mengikuti pelatihan kewirausahaan produktif stimulus ekonomi ketenagakerjaan dan dunia usaha tahap III program peningkatan kesempatan kerja Provinsi Sumatera Utara tahun 2020.

 

Pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari, dari Senin hingga Jim’at (21 s/d 25 Desember 2020) oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Sumatra Utara (Provsu), bekerjasama dengan Disnaker Kabupaten Asahan ini digelar di Lims Café Kisaran.

 

“Pelatihan ini dibagi dua paket, dimana setiap paketnya terdiri dari 20 peserta dengan berbagai jenis usaha,” kata Lamhot Hutabarat, SE, MSi., selaku Instruktur Pelatihan Kewiruasahan Produktif yang sekaligus sebagai Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas Disnaker Provsu kepada sukabumiNews di tempat kegiatan.

 

Dijelaskan Lamhot, tujuan dari pelatihan kewirausahaan produktif ini adalah untuk membangkitkan minat berwirausaha dari calon peserta yang sudah terseleksi.

 

"Kita membangkitkan minat berwirausaha dari para peserta, yang mungkin mereka pernah membangun usaha dan terhenti atau koleps yang diakibatkan oleh pandemi covid-19, maka disinilah peranan kita memberikan motivasi kepada mereka untuk kembali membangun usahanya tersebut," terang dia.

 

Lamhot menambahkan, pelaksanaan pelatihan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 5 hari ini selain menghadirkan pemateri atau narasumber dari Disnaker Provsu dan Disnaker Kabupaten Asahan, juga dari perbankan (BANK Sumut) serta praktisi.

 

Melaui kegiatan ini Lamhot berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provsu untuk tetap melakukan pembinaan monitoring evaluasi kepada mereka mereka, terutama tindak lanjut dari peserta yang telah mengikuti pelatihan ini.

 

“Dan Pemerintah Kabupaten Asahan dapat mencari bapak angkat sebagai mitra mereka untuk dalam mengembangkan usahanya,” kata Lamhot Hutabarat.

 

Kepada para peserta pelatihan Lamhot berharap agar mencoba membuka kembali usahanya dengan menerapkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini serta memanfaatkan bantuan yang diberikan berupa alat-alat sesuai dengan jenis usahanya masing-masing.

 

Sementara Kepala Disnaker Kabupaten Asahan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Nurasyah Harahap, SP, MM., menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Disnaker Provsu yang telah mengadakan kegiatan pelatihan tersebut.

 

“Pelatihan yang dilaksanakan ini sangat memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta pelatihan untuk membuka usaha. Pelatihan ini juga, lanjut dia, memberikan dampak yang luar biasa kepada para peserta yang mengikuti pelatihan,” ujar Nurasyah Harahap.

 

Nurhasanah berharap agar nanti para peserta pelatihan dapat membuka dan mengembangkan usaha yang akan dilakoninya, sehingga secara tidak langsung Pemerintah Kabupaten Asahan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Asahan.

 

Pewarta: ZN

Editor: AM

Copyright © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Berlangganan Artikel/Berita terbaru dari sukabumiNews.

Post a Comment

Komentari