Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Saturday, July 25, 2020

Redaksi sukabumiNews

Hagia Sophia Dipadati Ribuan Muslim Sejak Ikon Istambul Ini Diubah Jadi Masjid

Ribuan Muslim turut Shalat Jum'at perdana di Masjid Hagia Sophia. (Foto : Istimewa)

sukabumiNews.net, ANKARA – Hagia Sophia dipadati ribuan Muslim yang berkumpul turut ambil bagian dalam pelaksaan sholat Jumat perdana sejak ikon Istanbul tersebut diubah menjadi masjid.

Shalat Jumat tersebut diadakan dua minggu setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi mengumumkan monumen berusia hampir 1.500 tahun tersebut dibuka untuk ibadah Muslim setelah pengadilan tinggi memutuskan untuk mengembalikan status bangunan tersebut menjadi masjid.

Erdogan berserta menteri kabinet dan pejabat tinggi lainnya bergabung bersama ribuan jamaah di dalam Hagia Sophia ketika kerumunan besar jamaah Muslim berkumpul di luar.


Erdogan membaca ayat suci Al-Quran, sebelum kumandang azan terdengar dari empat menara Masjid Hagia Sophia.

Lukisan dan gambar-gambar ditutup dengan tirai selama sholat.

Ali Erbaş, kepala badan keagamaan tertinggi Turki, memimpin shalat Jumat pertama. Dua imam, dan empat muazin telah ditunjuk untuk bertugas setiap harinya.

“Kami menghimbau para tamu untuk tidak membawa tas tangan dan ransel sehingga transisi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah di titik pencarian,” kata Yerlikaya.

Pihak berwenang telah menetapkan area terpisah di luar Masjid Hagia Sophia untuk pria dan wanita yang ingin bergabung dengan shalat Jumat perdana ini.

Beberapa jalan menuju gedung ditutup. Sekitar 17.000 personel keamanan bertugas untuk memastikan shalat Jumat perdana ini berlangsung tanpa insiden.

LIHAT : LIVE : Presiden Turki Erdogan Hadiri Doa dan Jumat Pertama di Hagia Sophia

Pewarta : Ameera/Arrahmah
Editor : Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close