Iklan

Tim Napak Tilas Prabu Siliwangi Temukan Situs Cagar Budaya Baru Dekat Istana Cipanas

Redaksi sukabumiNews
, June 17, 2020 WIB
KH Fajar Laksana (menggunakan tongkat) meneliti batu tumpukan yang disinyalir merupakan benda-benda kuno.   
sukabumiNews.net, CIANJUR – Tim Napak Tilas Nyucruk Galur Mapay Situs Museum Prabu Siliwangi Sukabumi melakukan eksvakasi berbagai benda purbakala di sebuah lembah yang lokasinya tidak jauh dari Istana Kepresidenan Cipanas, Kabupaten Cianjur pada Rabu (17/06/2020).

Dari hasil napak tisa, Tim yang dipimpin pengelola Museum Prabu Siliwangi KH. M Fajar Laksana itu berhasil menggali dan mengevakuasi benda-benda kuno di wilayah tersebut.

“Kami diundang untuk datang ke sini oleh pengurus Lembah Pasirsumbul untuk menggali dan meneliti lebih lanjut situs cagar budaya di sini,” kata KH. M Fajar Laksana kepada sukabumiNews, Rabu.

Dijelaskan Fajar, Tim Napak Tilas yang dipimpinnya telah menggali dan meneliti berbagai benda kuno seperti batuan bertumpuk atau punden berundak, batu berbentuk kapak, batu lumpang, batu menhir, batu dolmen, serta manik -manik perhiasan, dan fosil kayu.

”Tadinya benda benda ini akan dibawa ke Sukabumi, namun kami memutuskan untuk datang ke sini. Selanjutnya pemerintah daerah dapat menindaklanjuti temuan situs baru ini,” jelas Fajar.

Dikatakan Fajar, penelitian dan penggalian benda kuno yang dilakukan Tim Napak Tilas dari Musium Prabu Siliwangi Sukabumi ini tepatnya dilakukan di Pasir Sumbul yang terletak di Kampung Parabon Pojok, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

“Untuk penggalian lebih jauh diperlukan campur tangan pemerintah daerah setempat. Kami menduga tempat ini merupakan situs budaya di masa lampau,” tambahnya.

Sementara, kata Fajar, pihaknya hanya memfasilitasi guna membuka dan melihat adanya dugaan situs baru cagar budaya di wilayah Cipanas Cianjur tersebut.

Pengelola Musium Prabu Siliwangi itu berharap, Pemkab Cianjur bersama masyarakat setempat, memelihara dan melestarikan lokasi tersebut.

Pewarta : Gilang Ramadhan
Editor : AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+