-->

Iklan

INTI Kota Sukabumi Donorkan Darah di Bulan Ramadhan

Azis Ramdhani
, May 17, 2020 WIB
Suasana di ruang kegiatan donor darah yang dilakasnakan Ikatan Indonesia Tionghoa (INTI) Kota Sukabumi.  
sukabumiNews.net, WARUDOYONG – Ikatan Indonesia Tionghoa (INTI) Kota Sukabumi menggelar kegiatan donor Darah di Bulan Ramadhan. Kegiatan yang dilaksanakan INTI ini digelar di tengah kondisi Kota Sukabumi sedang dalam melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kegiatan sosial kemanusiaan yang dilaksanakan INTI Kota Sukabumi ini dilaksanakan di Komplek Pertokoan Danalaga Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Jawa Barat, Sabtu (16/5/2020).

"Kegiatan Sosial ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Sukabumi dalam rangka membantu Persediaan Stok darah PMI guna memenuhi kebutuhan darah di Kota Sukabumi yang semakin menipis,” ujar Wakil Ketua INTI Kota Sukabumi, Gunawan kepada sukabumiNews di sela-sela kegiatan berlangsung.

Dikatakan Gunawan, donor darah ini diperuntukkan bagi pasien yang membutuhkan yang dirawat di rumah sakit Kota Sukabumi.

Gunawan menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan ini terselenggara berkat dukungan dari semua pihak yang tentunya kebutuhan darah ini saat ini sangat dibutuhkan.

“Dari hasil pendonoran donor darah ini tutur dia, ditargetkan mencapai 100 Labu untuk diberikan kepada PMI Kota Sukabumi,” ucapnya.

Diakui Gunawan bahwa kegiatan donor darah yang kali ini dilakukannya merupakan kegiatan rutin setiap Bulan Ramadhan tiba.

“Namun yang dilakukan kali ini sedikit berbeda dengan tahun yang lalu, dikarenakan adanya PSBB dan di masa Pandemi Corona (Covid-19) maka teknis dan cara pelaksanaannya dibagi 3 termin agar tidak terjadi penumpukan orang, dan dilakukan secara Protokol Kesehatan," terang Gunawan.
Mewakili INTI, Gunawan mengungkapkan rasa terima kasih kepada warga Muslim yang telah turut juga mendonorkan darahnya walaupun disaat mereka sedang berpuasa.

“Mereka sanggup dan menyatakan tidak ada halangan untuk mendonorkan darahnya demi kemanusiaan. Support dari teman-teman sangatlah kami harapkan dalam mensukseskan kegiatan ini," pungkasnya.

Sementara itu, masih di tempat yang sama, Bendahara Ikatan Dokter (IDI) Kota Sukabumi dr. Lilih Lesmana mengatakan, sebelum kegiatan donor darah ini dilaksanakan, ruangan dan tempat donor darah tentunya dilakukan penyemprotan disinfektan dan sterilisasi oleh Petugas PMI Kota Sukabumi.

"Selain kita melaksanakan protokol kesehatan, sebelum masuk ke ruangan, kepada peseserta donor juga dilakukan pengecekan suhu tubuh serta memasuki ruang Chamber, lalu diberikan Ozone dan malakukan cuci tangan,” jelas dr Lilih.

Menuurut dr. Lilih, hal ini dilakukan untuk mensterilisasi peserta agar saat melakukan donor darah mereka sudah dalam keadaan steril.

“Kegiatan Bakti Sosial INTI ini berjalan sukses dan target yang diharapkan pun tercapai untuk diberikan kepada PMI Kota Sukabumi," pungkasnya.

Pewarta : Hendra S
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+