Iklan

Capaian Zakat Fitrah Setiap Kelurahan di Kota Sukabumi Alami Kenaikan Sebesar 10 Persen

Azis Ramdhani
, May 27, 2020 WIB
Lurah Warudoyong Iyan Rojiman (kiri) saat menerima berkas Capain Zakat Fitrah dari Ketua RW. 
sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI – Di tengah kesulitan ekonomi lantaran terimbas pandemi Covid-19 tidaklah mengurangi antusias warga Kota Sukabumi untuk menunaikan rukun Islam yang ke tiga, yakni malaksanakan Zakat Fitrah.

Hal tersebut diketahui dari capaian jumlah zakat fitrah di 33 Kelurahan di Kota Sukabumi.

Pada tahun 2020 ini rata-rata capaian Zakat Fitrah di setiap kelurahan mengalami kenaikan sebesar 10 persen. Begitu juga dengan hasil perolehan Zakat Fitrah di Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.

"Pada tahun 2019 lalu perolehan zakat fitrah sebanyak 2.335 Muzaki, sedangkan untuk tahun ini sebanyak 2.637 Muzaki," ujar Lurah Selabatu Asep Nurohmat kepada sukabumiNews, Rabu (27/5/2020).

Asep menjelaskan, dari ribuan Muzaki itu sebagian besar membayarkan zakat fitrah dalam bentuk uang tunai. Ada pun kata dia, yang 10 persennya membayarnya dalam bentuk beras.

"Dari sebanyak 2.637 muzaki, 300 diantaranya membayar dalam bentuk beras. Sedangkan untuk totalnya sebesar Rp 75 juta," pungkasnya.

Tidak jauh berbeda dengan di Kelurahan Selabatu, capaian Zakat Fitrah di Kelurahan Warudoyong juga mengalami kenaikan sebesar 10 persen.

"Jumlah capaiannya sekitar Rp 30 juta lebih, dengan rincian, 60 persen berupa uang tunai dan 40 persen sisanya berupa beras," ucap Lurah Warudoyong, Iyan Rojiman.

Iyan mengungkapkan, ada beberapa faktor penyebab peningkatan antusias masyarakat dalam membayar zakat fitrah. Namun, yang paling utama faktor kesadaran masyarakat itu sendiri.

"Karena zakat fitrah merupakan kewajiban bagi muslim yang mampu. Alhamdulillah meskipun kondisi sedang sulit tapi masyarakat lebih mengutamakan kewajiban," pungkas Iyan Rojiman.

Pewarta : Azis R
Editor : AM.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+