-->

Ini yang Dilakukan Komunitas Gurupala dalam Mengisi HUT Kota Sukabumi ke-106 di Tengah Pademi Corona

Azis Ramdhani
, April 02, 2020 WIB
Komunitas Gurupala
Komunitas Gurupala bersama Anggota Gugus tugas Covid19 RW 06 Kelurahan Gedongpanjang Kota Sukabumi. 
sukabumiNews.net, CITAMIANG – Bebagai aktifitas bisa dilakukan untuk mengisi HUT Kota Sukabumi yang ke-106, meski di ulang tahunnya kali ini berada di tengah kekhawatiran semua kalangan, lantaran pandemi virus Covid-19 (Corona).

Bagi Komunitas Green Nature Of Unity Place Adventure (Gurupala) yaitu Komunitas Nirlaba yang berbasis pecinta alam ini justru momentum tersebut dijadikan sarana untuk bisa berbuat lebih daripada melakukan hal-hal yang dianggapnya tidak terlalu penting seperti halnya sekedar sereminial.

"Bhati sosial penyemprotan disinfektan selain dalam rangkan mengisi HUT Kota Sukabumi yang ke-106, ini juga dalam rangka pencegahan pandemi wabah covid-19," ujar Ketua Gurupala, Ganjar Ramdani Saputra kepada sukabumiNews melaui pesan WhatsApp yang diterima Kamis (2/4/2020) saat melakukan penyemprotan di lingkungan Kelurahan Gedongpanjang Kota Sukabumi.

Dikatakan Ganjar, Gurupala yang merupakan sebuah Komunitas Nirlaba berbasis pecinta alam ini pertama kali didirikan tahun 2011 pada saat event pendakian Gunung Gede.

Dalam rangka pencegahan pandemi, komunitas ini banyak melakukan hal sekaligus terkait perayaan Ulang Tahun Kota Sukabumi yang ke-106 tahun,” terang Ganjar.

Dikatakan Ganjar, dari mulai urunan sesama anggota untuk  pembelian alat semprot hingga penyediaan bahan-bahan yang di klaim sebagai bahan organik, bukan diracik dari bahan kimia yang mungkin berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Ganjar menyatakan yang dilakukannya ini sekaligus merupakan sarana edukasi masyarakat, karena dalam mencegah pandemi ini sudah selayaknya warga kembali pada kebiasaan hidup sehat, mulai dari bersih bersih diri dan lingkungan dengan alat dan bahan yang bisa secara mudah didapatkan.

Dan jangan lupa, tetaplah mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak satu meter dan tidak berkerumun sehingga akan meminimalisir penyebaran virus covid 19 ini,” imbaunya.

Ganjar mengatakan, sampai saat ini komunitas Gurupala sudah melaksanakan kegiatan di 30 titik di Kota Sukabumi. “Kami bersyukur karena warga sangat antusias dan terbantu, bahkan bukan hanya warga tapi instansi terkait seperti PMI, Dinkes, BPBD pun melibatkan  kami untuk turun berpartisipasi karena keterbatasan relawan.

“Tentunya dalam hal ini tanpa embel-embel apapun alias murni membantu masyarakat dalam rangka penanganan virus covid 19 ini. Dan tentunya anjuran pemerintah tentang social distancing ini harus bersinergi dan harus terus digemakan dengan beberapa instansi karena jika masih ada masyarakat yang ngeyel, tentu upaya-upaya yang sudah dilakukan akan menjadi percuma,terangnya.

Penyerahan Piagam Penghargaan dari Ketua Gugus Tugas Covid-19 RW 06 kelurahan Gedongpanjang kepada Komunitas Gurupala. 
Ditemui terpisah, terpisah Ketua Gugus Tugas Covid19 RW 06 Kelurahan Gedongpanjang, Telly Nahlu Rizal menyambut baik apa yang sudah dilakukan oleh Komunitas Gurupala ini.

“Terus terang di tengah kesulitan masyarakat tentu apa yang dilakukan oleh komunitas gurupala secara cuma-cuma ini cukup menjadi suport dan motivasi besar bagi masyarakat untuk segera bangkit dan menghilangkan stigma tentang wabah ini,” ungkap Telly.

Dan lanjut Telly, ini yang sebenarnya dibutuhkan, bukan hanya himbauan yang melulu menitikberatkan pada hukuman yang akhirnya bukan menimbulkan kewaspadaan, tetapi malah menjadi saling curiga.

“Semoga kita segera bangkit dan wabah ini segera berakhir,  tentunya dengan kerjasama dengan semua pihak untuk patuh pada anjuran seperti untuk tidak mudik dulu, tapi tetap di rumah dan melakukan social distancing/ jaga jarak,” tambahnya.

Telly juga mengimbau kepada masyarakat bahwa kalaupun mereka terpaksa harus ke luar rumah, maka gunakan selalu masker dalam rangka beriktiar guna melawan virus Corona yang sudah merebak ke mana-mana dan cukup membahayakan ini.

Pewarta: TNR
Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+