Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Sunday, March 29, 2020

Azis Ramdhani

Pemkot Sukabumi Belum Berikan Bantuan, Warga Gang Lipur Lakukan Sterilisasi dan Bagikan Sembako Secara Swadaya

Posyandu RW 008 Kelurahan Gunungparang, Kota Sukabumi. 
Warga Keluarahan Gunungparang berharap Pemkot Sukabumi turun langsung beri bantuan kepada warga untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.
sukabumiNews.net, Kota Sukabumi - Masyarakat Gang Lipur Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan sterilisasi lingkungan dan sosialisasi Covid-19 kepada masyarakat sekitar.

Hal itu dilakukan Ketua Posyandu RW 8 Wiwi Kartina bekerjasama dengan 7 organ kemasyarakatan lain di wilayah Kelurahan Gunungparang, Kota Sukabumi Jawa Barat pada Ahad (29/3/2020).

"Sebanyak 150 rumah warga setempat, 100 bangunan rumah kostan, Masjid, Posyandu dan Fasilitas umum di RT 001, 004/RW 008 disemprot disinfektan,” ujar Ketua Posyandu RW 008, Wiwi Kartina kepada wartawan, Ahad (29/3/2020).

Adapun kata Wiwi, 7 organ kemasyarakatan yang turut pada kegiatan ini antara lain adalah DKM, Karang Taruna, koperasi BMT, Rukun Kematian, Rukun ke-R-an dan ke-RW-an 08 Gang Panglipur Kota Sukabumi.

Upaya sterilisasi lingkungan ini tutur Wiwi dilaksanakan secara mandiri oleh warga masyarakat setempat tanpa bantuan dari Pemerintah Kota Sukabumi. “Mulai dari biaya disinfektan hingga alat semprot kami dapatkan dari warga. Kegiatan ini mandiri murni swadaya masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya bahwa  warga secara sukarela memberikan sumbangan berbentuk uang, bahan material disinfektan, dan tenaganya. Total dana yang terkumpul dari kegiatan ini sebelumnya terang Wiwi, sedikitnya sekitar 5 juta rupiah.

Wiwi menuturkan, sebelumnya, ia sempat beberapa kali meminta bantuan kepada pihak terkait, namun hingga saat ini belum ada bantuan secara nyata.

"Kami sempat meminta bantuan pinjaman alat kepada pihak terkait namun tidak ada yang memberi, kepada Partai Politik kita sempat pinjam namun ada saja alasannya," terangnya.

Oleh karena itu kata Wiwi, pihaknya terpaksa berinisiatif membeli 2 unit alat semprot, hingga bahan disinfektan. “Kami juga membeli 2 unit alat pengecek suhu tubuh,” ulasnya.

Lebih lanjut Wiwi menegaskan bahwa sterilisasi lingkungan ini akan dilakukan secara berkelanjutan lantaran saat ini telah terbentuk Gugus Tugas ke-RW-an yang bertugas melakukan upaya preventif penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah RW 08 Gang Lipur Kota Sukabumi.

Kemudian program lain juga kata dia, akan dilakukan warga Gang Lipur seperti memberikan santunan kepada seluruh warga RW 08 yang jumlahnya sekitar 285 Kepala Keluarga itu selama pandemi Covid-19.

“Saat ini telah terkumpul donasi dari masyarakat yang mampu, dan nantinya bantuan berupa sembako akan dibagikan ke setiap rumah di Gang Lipur selama pandemi corona,” katanya.

Ketua Posyandu RW 008 itu juga juga meminta kepada pemerintah dan dinas terkait lainnya untuk bisa turun langsung memberikan bantuan kepada warga.

Pewarta : Karim R
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close