Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Monday, March 16, 2020

Azis Ramdhani

Organisasi Pemuda Karismatic Ramaikan Peresmian Taman Desa Batununggal dengan Pencak Silat dan Boles

sukabumiNews.net, CIBADAK – Taman Desa Batununggal yang berlokasi di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat diresmikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada Ahad (15/3/2020).

Peresmian disambut antusias warga sekitar lantaran mereka disuguhi dengan berbagai tontonan dan tampilan hiburan, mulai pentas seni pencak silat, debus, boles, senam, dan bazzar, hingga tabligh akbar.

"Selama dua hari sejak hari Sabtu peresmian diramaikan dengan berbagai kegiatan, seperti bazzar, pentas seni, tabligh akbar, senam, pencaksilat, lomba liwet, debus, dan santunan kepada anak yatim,” terang Ketua Pemuda Kharismatik, Tedi Supriatman kepada sukabumiNews, saat itu.

Tedi menambahkan, keberadaan taman Desa Batununggal ini diresmikan langsung oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Di taman tersebut kata Tedi, terdapat jogging track, gazebo, RTH (Ruang Terbuka Hijau), hingga taman bermain anak.

"Kami sangat bersyukur dengan diresmikannya Taman Desa Batununggal ini, guna mengembangkan dan menyalurkan Potensi Pemuda Desa sekitar," Ujarnya.

Pada peresmian ini sambung Tedi, Pemuda Karismatic turut serta memeriahkan dengan penampilan silat, debus, dan boles yang merupakan warisan budaya Sunda sebagai upaya menjaga Kearifan Lokal.

"Kami berharap dengan adanya taman ini bisa dijadikan tempat untuk bersilaturahmi Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh dan Silih Wawangi antar warga di Desa Batu nunggal," harapnya.

Sementara itu Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengapresiasi keberadaan Desa Batununggal, lantaran desa yang berada di Kecamatan Cibadak itu, terus melestarikan kebudayaan lewat sejumlah kegiatan.

Seperti halnya dalam peresmian taman desa ini yang dibarengi dengan pagelaran potensi budaya. "Batununggal memberikan respon positif dengan tidak melepas akar budaya. Terutama ditengah kemajuan teknologi," ujar Marwan.

Dikatakan Marwan bahwa kegiatan festival rakyat yang menampilkan budaya harus sering dilakukan. Hal ini tutur Marwan, untuk mengedukasi generasi muda agar tidak lupa budayanya. "Perkembangan teknologi jangan sampai melunturkan budaya yang ada sejak dulu," sambungnya.

Bupati Sukabumi menyarankan kepada pemerintah desa agar sebisa mungkin membuat taman edukasi, terutama mengenai tumbuhan yang sudah langka di masyarakat.

"Kalau masih memiliki lahan desa semisalnya, bisa membuat edukasi lingkungan bagi generasi muda, terutama dalam mengenalkan tumbuhan yang sudah jarang ditemukan," tambahnya.

Lebih kanjut Bupati menyatakan bahwa setiap daerah harus mulai berbenah, terutama dalam menciptakan berbagai potensi di daerah. Sehingga, kata dia, orang akan merasa tertarik untuk berkunjung ke suatu daerah di Kabupaten Sukabumi.

Pewarta : Gilang R
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close