News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Unida Gontor Lakukan PPL Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Ponpes Assalam Putri

Unida Gontor Lakukan PPL Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Ponpes Assalam Putri

sukabumiNews.net, WARUNGKIARA –  Mahasiswi Universitas Darussalam Gontor Putri Mantingan Ngawi Jawa Timur melaksanakan Kegiatan PPL (Praktek Pengayaan Lapangan) di Pondok Pesantren Modern Assalam Putri, Jl. Palabuhanratu KM. 29 Kp. Sukaharja Rt.03/07, Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat pada Rabu (05/02/20).

Kegiatan PPL yang dilkukan oleh mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Gontor tersebut berlangsung selama seminggu, mulai dari Jum’at (31/1) sampai Kamis (6/2/2020).

Salah seorang mahasiswi yang mengikuti PPL, Sisi Purnamasari dari Mamuju Sulawesi Barat mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diperuntukan bagi Mahasiswi Universitas Darussalam Gontor Fakultas Tarbiyah Prodi PBA Semester 6 sebagai bentuk realisasi nyata dari proses Pembelajaran selama enam semester.

Sisi menjelaskan bahwa peserta PPL berjumlah 36 orang yang terdiri dari 33 Mahasiswi dan 3 Dosen Prodi PBA. Dalam kegiatannya tambah dia, setiap peserta PPL diharuskan mengajar Pelajaran Bahasa Arab kepada Santriwati Pondok Modern Assalam di setiap kelas yang berbeda.

"Kami juga mengawal semua aktivitas Santriwati 24 Jam melalui kegiatan diskusi, sharing pengalaman, serta menerapkan Sistem Pembelajaran Gontor, karena Assalam sendiri merupakan Pondok Alumni Gontor yang menganut sistem Gontor secara keseluruhan," terang Sisi.

Sisi Purnamasari juga menjelaskan bahwa metode pengajaran yang dilaksanakan tidak sembarangan. Semua mengacu kepada Metodologi Pembelajaran yang telah diajarkan oleh Dosen Dosen UNIDA Gontor yang merupakan Kurikulum Pendidikan Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor.

Salah satu Metode yang dipake kata dia, adalah Picture to Picture, yakni sebuah Pelajaran dijelaskan melaui Visual berupa gambar seperti Pelajaran Mutholaah, Insya, dan yang lainnya. Metode tersebut agar memudahkan Santriwati memahami Pelajaran dengan lebih cepat dan membuat suasana tidak cepat bosan.

"Setiap peserta PPL mempunyai Muntaqidah (Pengoreksi) pada setiap waktu pengajaran dan Dosen Pembimbing melaukan keliling guna memastikan pengajar memakai metode sesuai langkah-langkah yang telah ditentukan. Kemudian pada siang hari semua peserta dan Dosen Pembimbing melakukan evaluasi hasil pengajaran setiap harinya," jelas Sisi

Pesera PPL dari Mamuju Sulawesi Barat ini juga mengungkapkan bahwa semua Santriwati dan para Guru Pondok Modern Assalam sangat respect terhadap peserta PPL Gontor. Adapun kata dia, setelah Kegiatan PPL di Assalam ini berakhir, semua peserta diwajibkan membuat Jurnal Ilmiah guna dipublikasikan kepada Mahasiswi UNIDA Gontor yang lainnya, sebagai bentuk pengalaman dalam merealisasikan pengajaran secara langsung.

"Kami disambut baik dan diperlakukan seperti keluarga sendiri, sehingga membuat semua peserta merasa nyaman dalam melaksanakan Kegiatan PPL. Pengajaran dan Bimbingan menjadi lebih Interaktif,” ungkapnya.

Sisi berpesan kepada rekan-rekan sesame peserta PPL untuk memberanikan diri dalam menegakkan kebenaran dan jangan takut salah. “Teruslah belajar dari kesalahan sehingga mampu memperbaiki dan menerpa diri untuk menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Silma Annisa yang merupakan Panitia Penyambutan Peserta PPL menyampaikan bahwa Assalam sangat menyambut baik kedatangan mereka, karena kegiatan tersebut merupakan bentuk transformasi sistem Gontor secara langsung melalui Mahasiswi Universitas Darussalam Gontor.

"Pondok Modern Asslam sendiri merupakan Pondok Alumni Gontor, sehingga kedatangan peserta PPL Gontor menjadi sebuah ajang pembenahan Sistem Gontor dalam peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab dan peningkatan mutu kedisiplinan," singkatnya.

Pewarta : Gilang R
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas