News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jokowi : TPA Banjar Bakula Bisa Jadi Contoh Provinsi Lain

Jokowi : TPA Banjar Bakula Bisa Jadi Contoh Provinsi Lain

Peresmian TPA Regional Banjar Bakula oleh Presiden Jokowi
Presiden Joko widodo meresmikan secara resmi TPA Regional Banjar Bakula senilai Rp149 Miliar lebih, Jumat (07/02/2020) - FOTO : Istimewa  
sukabumiNews.net, BANJARMASIN – Presiden Joko widodo meresmikan secara resmi TPA Regional Banjar Bakula senilai Rp149 Miliar lebih, Jumat (07/02/2020).

Proyek pengelolaan sampah yang memiliki kapasitas 750 Ton perhari ini, membuat kagum dirinya karena pengelolaannya, karena tidak hanya dipergunakan 1 kabupaten melainkan 5 Kabupaten/Kota di Kalsel.

Dikatakan, jika sampah merupakan musuh terbesar masyarakat jika tidak dikelola dengan baik, lantaran bisa menjadi penyebab bencana seperti banjir, dan gangguan kesehatan.

Dengan adanya TPA yang memiliki teknologi sanitasi landfill ini, Kalsel diharapkan bisa menjadi contoh untuk provinsi lain.

“Saya tau, kemampuan seluruh provinsi berbeda, namun pengelolaan sampah seperti ini patut dicontoh, karena bukan hanya satu kabupaten melainkan 5, dengan kapasitas yang luar biasa,” katanya.

Selain itu pemanfaatan limbah sampah juga bisa didaur ulang, dimulai dari lingkungan sendiri.

"Ya kita berharap, ini bisa mampu bertahan hingga lebih 8 tahun, dan masyarakat tetap melakukan proses pemanfaaatan limbah dengan baik,” tambahnya.

TPA Banjarbakula dibangun di atas lahan seluas 15 hektare dengan bangunan TPA yang mencapi 8 hektare. TPA Banjarbakula melayani stock sampah dari 5 daerah, yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Banjarbaru Tanah Laut, dan Barito Kuala.

Dalam satu harinya, TPA Banjarbakula mampu menampung 790 ton yang berasal kurang lebih 475.000 jiwa di lima daerah di Kalsel tersebut.

Pewarta: KBRN
Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas